go green
Recent Issues

Israel Yakin Intifada Ketiga Tidak akan Pernah Terjadi

Israel Yakin Intifada Ketiga Tidak akan Pernah Terjadi

03 Mei 2013, 09:23:24

Fajar Nugraha - Okezone
Warga Palestina yang terus melakukan perlawanan terhadap Israel (Foto: AP)

TEL AVIV - Seorang perwira tinggi Israel meyakini bahwa pergerakan intifada ketiga Palestina tidak akan pernah terjadi lagi. Namun dirinya tetap memperingatkan bahwa situasi keamanan Palestina dan Israel masih tetap rapuh.

"Saya tidak yakin bahwa intifada ketiga dari Palestina akan berlangsung. Tetapi situasi keamanan yang ada saat ini masih tetap rapuh," ujar Jenderal Haggai Mordechai, seperti dikutip AFP, Kamis (2/5/2013).

"Kami masih terus waspada. Meski kondisi saat ini tetap aman, militer siap untuk menghadapi berbagai skenario. Kondisi keamanan bisa memburuk setiap harinya," lanjutnya.

Mordechai yang baru saja turun dari jabatan Kepala Angkatan Darat Israel 1 April lalu mengatakan, kondisi tenang yang terjadi saat ini tidak lepas dari kehadiran militer dalam jumlah besar di wilayah konflik. Namun Mordechai tidak memberikan jumlah detail dari pasukan Israel yang dikerahkan.

Salah pemicu keyakinan Mordechai bahwa intifada ketiga tidak akan terjadi adalah, koordinasi keamanan yang terjalin antara militer Israel dengan pihak Palestina yang terus berjalan dengan baik. Koordinasi keamanan ini dilakukan antara beberapa pihak di Palestina yang melakukan intifada pertama di 1987 dan intifada kedua pada 1993.

"Koordinasi keamanan ini sudah menjadi kepentingan mereka (pihak Palestina). Tetapi motivasi mereka menurun setelah adanya rencana rekonsiliasi dengan Hamas," imbuh Mordechai.

"Kerjasama keamanan dengan Otoritas Palestina berjalan dengan baik karena sudah menjadi kepentingan mereka untuk tidak membiarkan kelompok Hamas menguasai Tepi Barat," lanjutnya.

Mordechai menegaskan, rivalitas yang terjadi antara Hamas di Gaza dan Fatah di Tepi Barat tidak berujung. Tentunya kondisi ini sedikit memberikan kelegaan terhadap Israel. Hal tersebut yang membuatnya yakin bahwa intifada ketiga tidak akan pernah terjadi. (faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Kemenristekdikti Tetapkan Universitas Narotama Peringkat 83 PTN dan PTS se-Indonesia Kemenristekdikti Tetapkan Universitas Narotama Peringkat 83 PTN dan PTS se-Indonesia

20 Agustus 2019, 00:37:16

Universitas Narotama (UNNAR) memperoleh kado istimewa pada malam menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia dalam Siaran Pers Nomor: 147/SP/ HM/BKKP/VIII/2019 tanggal 16 Agustus 2019, mengumumkan bahwa UNNAR menempati peringkat 83 (100 besar) dari 4.000 lebih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia. Peringkat 83 (PTN-PTS) ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kawasan Hutan di Lereng Gunung Merapi Terbakar
20 Agustus 2019, 09:00:00

Kawasan Hutan di Lereng Gunung Merapi Terbakar Jakarta -- Kawasan hutan lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (18/8) malam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan berdasarkan informasi .....