go green
Recent Issues

Israel Yakin Intifada Ketiga Tidak akan Pernah Terjadi

Israel Yakin Intifada Ketiga Tidak akan Pernah Terjadi

03 Mei 2013, 09:23:24

Fajar Nugraha - Okezone
Warga Palestina yang terus melakukan perlawanan terhadap Israel (Foto: AP)

TEL AVIV - Seorang perwira tinggi Israel meyakini bahwa pergerakan intifada ketiga Palestina tidak akan pernah terjadi lagi. Namun dirinya tetap memperingatkan bahwa situasi keamanan Palestina dan Israel masih tetap rapuh.

"Saya tidak yakin bahwa intifada ketiga dari Palestina akan berlangsung. Tetapi situasi keamanan yang ada saat ini masih tetap rapuh," ujar Jenderal Haggai Mordechai, seperti dikutip AFP, Kamis (2/5/2013).

"Kami masih terus waspada. Meski kondisi saat ini tetap aman, militer siap untuk menghadapi berbagai skenario. Kondisi keamanan bisa memburuk setiap harinya," lanjutnya.

Mordechai yang baru saja turun dari jabatan Kepala Angkatan Darat Israel 1 April lalu mengatakan, kondisi tenang yang terjadi saat ini tidak lepas dari kehadiran militer dalam jumlah besar di wilayah konflik. Namun Mordechai tidak memberikan jumlah detail dari pasukan Israel yang dikerahkan.

Salah pemicu keyakinan Mordechai bahwa intifada ketiga tidak akan terjadi adalah, koordinasi keamanan yang terjalin antara militer Israel dengan pihak Palestina yang terus berjalan dengan baik. Koordinasi keamanan ini dilakukan antara beberapa pihak di Palestina yang melakukan intifada pertama di 1987 dan intifada kedua pada 1993.

"Koordinasi keamanan ini sudah menjadi kepentingan mereka (pihak Palestina). Tetapi motivasi mereka menurun setelah adanya rencana rekonsiliasi dengan Hamas," imbuh Mordechai.

"Kerjasama keamanan dengan Otoritas Palestina berjalan dengan baik karena sudah menjadi kepentingan mereka untuk tidak membiarkan kelompok Hamas menguasai Tepi Barat," lanjutnya.

Mordechai menegaskan, rivalitas yang terjadi antara Hamas di Gaza dan Fatah di Tepi Barat tidak berujung. Tentunya kondisi ini sedikit memberikan kelegaan terhadap Israel. Hal tersebut yang membuatnya yakin bahwa intifada ketiga tidak akan pernah terjadi. (faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Lakukan Kunjungan Industri ke OSO GROUP Rektor Lakukan Kunjungan Industri ke OSO GROUP

29 Februari 2020, 02:40:49

Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM bersama Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Agus Sukoco, ST, MM (Kaprodi Manajemen) dan Ronny Durrotun Nasihien, ST, MT (Kaprodi Teknik Sipil) melakukan kunjungan industri ke OSO GROUP, Jumat (28/2/2020). Rombongan dari Universitas Narotama tersebut disambut oleh Direktur Operasional OSO GROUP, Ardian E.D. Serang, SE, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Perumnas Sebut BI Checking Jadi Kendala Utama Pengajuan KPR
29 Februari 2020, 09:00:00

Perumnas Sebut BI Checking Jadi Kendala Utama Pengajuan KPR Jakarta -- Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) mengungkap beberapa tantangan dalam proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tantangan terberat yakni pada proses pengecekan berdasarkan laporan riwayat kredit seseorang yang .....

Kondisi Otak Pencandu Smartphone
29 Februari 2020, 09:00:00

Kondisi Otak Pencandu Smartphone

Kondisi fisik otak pada orang yang kecanduan bermain smartphone ternyata serupa dengan kondisi otak mereka yang mengonsumsi obat-obatan terlarang ( narkoba). Hal tersebut ditemukan dalam sebuah riset berjudul "Addictive .....