go green
Recent Issues

Iran Santuni Pengungsi Rohingya di India

Iran Santuni Pengungsi Rohingya di India

06 Agustus 2012, 09:43:32

Khairisa Ferida
Jum'at, 03 Agustus 2012 11:01 wib

Warga Rohingya (Foto: AP)
TEHERAN - Bantuan pertama Iran untuk para warga etnis Rohingya tiba di Hydarabad, India. Di kota ini terdapat sekira 250 warga Rohingya yang berada dibawah naungan Komisi Tinggi PBB untuk pengungsi (UNHCR).

Bantuan berupa cek bank senilai 65 ribu rupee atau sekira Rp11 juta (Rp169 per rupee) diserahkan oleh Kepala Konsul Iran Mahmoud Safari kepada perwakilan pengungsi Myanmar itu.

Dalam kesempatan itu Safari menyatakan, Iran mengutuk kejahatan yang dilakukan terhadap etnis Rohingya. Diplomat Iran itu juga menyerukan agar organisasi internasional dan institusi terkait untuk membantu mengakhiri krisis kemanusiaan ini.

"Kami menegaskan Pemerintah Myanmar harus mengakhiri kekejaman dan kejahatan yang dilakukan terhadap etnis Rohingya sehingga menyebabkan ribuan orang mengungsi ke luar Myanmar. Pemerintah Myanmar harus menciptakan suasana tenang dan damai bagi warga Muslim di negaranya," ujar Safari seperti dilansir Trend, Jumat (3/8/2012).

Dalam kesempatan yang sama perwakilan Iran itu juga berterima kasih kepada Pemerintah India, karena telah memberikan tempat penampungan bagi sebagian warga Rohingya dan mengakui mereka sebagai pengungsi.

Sementara itu Juru bicara etnis Rohingya Masti Feyz-ul-Ragaman mengakui, warga Myanmar selama ini mengklaim bahwa lahan-lahan pertanian sebagai milik mereka. Menurut Ragaman klaim itu akan dibatalkan jika Rohingya bersedia pindah keyakinan mengikuti mereka.

"Setelah delapan berada di gunung kami sampai di Calcutta, India dan kami menuju Heydarabad dimana sebagian besar populasi Muslim berdiam," ujar Ragaman.

Myanmar sendiri sejauh ini masih belum mengakui Rohingya sebagai bagian dari warga negaranya. Kendati Deklarasi Umum HAM PBB menyebutkan, bahwa setiap insan di dunia berhak atas kewarganegaraan, Myanmar bersikeras leluhur Rohingya adalah warga Benggala bukan penduduk pribumi Myanmar.(rhs)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance

27 Oktober 2020, 11:40:18

Merencanakan keuangan pribadi dapat menyulitkan tanpa informasi yang tepat dan bantuan dari para ahlinya. Hal itu mendorong mahasiswa Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Lifepal menyelenggarakan acara Webinar dengan topik “Personal Finance”. Lebih dari 97 peserta dari prodi Manajemen dan prodi lain di UNNAR mengikuti acara yang berlangsung secara live via Zoom, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

MK Tolak Partai Lokal Papua Jadi Peserta Pemilu
29 Oktober 2020, 09:00:00

MK Tolak Partai Lokal Papua Jadi Peserta Pemilu Jakarta -- Mahkamah Konstitusi menolak permohonan pengujian Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua yang menyoal partai politik lokal Papua menjadi peserta pemilihan umum (pemilu). Hakim konstitusi Arief Hidayat .....

Kebanyakan Ambil Batu Besar Asteroid Bennu, Wahana NASA Bocor
29 Oktober 2020, 09:00:00

Kebanyakan Ambil Batu Besar Asteroid Bennu, Wahana NASA Bocor Jakarta,Jakarta, Wahana antariksa NASA, Osiris-Rex mengalami kebocoran saat mengambil sampel di asteroid Bennu yang berjarak sekitar 320 juta kilometer dari Bumi. Kebocoran ini terjadi karena Osiris-Rex melalui Touch-And-Go Sample Acquisition Mechanism .....

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi
27 Oktober 2020, 09:00:22

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) meminta industri terlibat dalam penyusunan kurikulum dan pengajarannya, terutama untuk pendidikan vokasi. Hal itu dikatakan terkait survei McKinsey Indonesia yang menyebut 23 juta pekerjaan .....