go green
Recent Issues

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS

21 Oktober 2020, 09:00:03

Jakarta -- Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos ditangkap di Amerika Serikat. Dia ditangkap atas tuduhan yang dirahasiakan, Kamis (15/10).

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan Cienfuegos ditangkap di di bandara Los Angeles.

Menhan yang menjabat 2012-2018 itu dilaporkan sedang dalam perjalanan bersama keluarga.

"Konsul di Los Angeles akan memberi tahu saya tentang dakwaan dalam beberapa jam ke depan. Kami akan menawarkan bantuan konsuler yang menjadi haknya," kata Marcelo Ebrard di Twitter seperti dikutip dari AFP.

Majalah investigasi Meksiko Proceso, mengutip sumber anonim di Departemen Kehakiman AS, melaporkan bahwa penangkapan itu adalah hasil dari penyelidikan jangka panjang terhadap korupsi yang melibatkan pengedar narkoba.

The Wall Street Journal, mengutip seorang pejabat senior pemerintah Meksiko mengatakan Cienfuegos ditangkap atas permintaan Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA).

Hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak berwenang AS. Jaksa Meksiko tidak segera menanggapi permintaan informasi tentang alasan penangkapan Cienfuegos.

Cienfuegos, 72 tahun, mengepalai Kementerian Pertahanan di bawah mantan Presiden Enrique Pena Nieto.

Selama masa kepresidenan Pena Nieto, sejumlah aparat menghadapi tuduhan kelompok hak asasi manusia terkait kasus 43 mahasiswa yang hilang pada 2014. Kasus itu sempat menggegerkan publik.

Lebih dari 296 ribu orang telah dibunuh sejak pemerintah memiliterisasi perang melawan kartel narkoba pada 2006. Menurut pihak berwenang sebagian besar pembunuhan terkait dengan kekerasan geng.

Sementara Cienfuego saat itu mengeluh tentang pasukannya yang harus mengambil bagian dalam perang negara melawan perdagangan narkoba. Menurut dia militer tidak cocok untuk pekerjaan itu.

"Kami tidak meminta untuk berada di sini. Kami tidak menyukainya. Kami tidak belajar bagaimana mengejar penjahat," kata dia.

"Fungsi kami adalah sesuatu yang lain dan telah dibuat menjadi sesuatu yang tidak wajar. Kami melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan pelatihan kami karena tidak ada orang lain yang melakukannya," kata dia.

Cienfuegos menjadi mantan menteri Meksiko kedua yang ditahan di Amerika Serikat.

Mantan Menteri Keamanan Publik Genaro Garcia Luna ditangkap di Texas pada Desember 2019 atas tuduhan menerima suap dalam jumlah besar untuk memungkinkan kartel Sinaloa yang terkenal mengirim narkoba ke AS. Namun Garcia Luna mengaku tidak bersalah.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Narotama Juara 1 English Accounting Presentation Competition (EAPC) 2020 Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Narotama Juara 1 English Accounting Presentation Competition (EAPC) 2020

03 Desember 2020, 13:38:13

Victor Da Costa Monteiro, mahasiswa Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UN) Surabaya berhasil meraih Juara 1 “English Accounting Presentation Competition (EAPC) 2020” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Politeknik PUSMANU Pekalongan yang pelaksanaan penjurian berlangsung tanggal 27-28 November 2020. Pengumuman pemenang kompetisi EAPC 2020 pada hari Minggu, 29 November 2020. Juara 1 adalah Victor ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

ITS Surabaya Sabet Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020
01 Desember 2020, 09:00:03

ITS Surabaya Sabet Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020 Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi juara umum tingkat nasional pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berharap kontes robot ini menjadi wadah bagi .....

Bimbang Mahasiswa Kembali Belajar di Kampus saat Pandemi
05 Desember 2020, 09:00:00

Bimbang Mahasiswa Kembali Belajar di Kampus saat Pandemi Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengizinkan kampus dibuka mulai Januari 2021. Namun sejumlah mahasiswa mengaku masih bimbang dengan keputusan kembali berkuliah tatap muka. Khususnya bagi mereka yang merantau, .....