go green
Recent Issues

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Terbakar, Helikopter Dikerahkan

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Terbakar, Helikopter Dikerahkan

17 Oktober 2019, 09:00:16

Surabaya -- Titik api kembali muncul di kawasan hutan konservasi, Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, yang merupakan jalur pendakian menuju Gunung Arjuno, Jawa Timur.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, titik api itu tepatnya berada di Blok Pusuk Lembu, Desa Toyomarto, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mengerahkan Helikopter untuk melakukan pemboman air atau water bombing.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pengerahan heli ini dilakukan lantaran titik api yang berada di kawasan Curah Sriti itu memiliki medan yang terjal dan sulit dipadamkan dengan cara biasa.

"Medannya sulit untuk ditembus. Jika ingin dipadamkan secara manual menggunakan tenaga manusia. Titik api berada di ketinggian 2.300 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan kemiringan mencapai 70 derajat," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (16/10).

Khofifah menyebut Helikopter Mi-8 milik BNPB yang lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh itu sebenarnya sudah dikerahkan sejak Selasa (15/10). Namun upaya tersebut terhambat kondisi cuaca.

"Sudah berangkat kemarin (15/10) setelah 30 menit terbang evaluasi medan akhirnya ditarik kembali karena cuacanya berawan sehingga tidak tembus titik hotspot. Hari ini mulai bergerak lagi, mohon doa nya semoga lancar," ujarnya.

Diketahui, kebakaran hutan di Kawasan Gunung Arjuno terjadi mulai Jumat 11 Oktober 2019. Sedikitnya terdapat dua titik api yang terpantau di area Gunung Mujur, Blok Curah Banteng dan wilayah Curah Sriti, Blok Pusuk Lembu, Gunung Arjuno, Karangploso, Kabupaten Malang.

Saat ini titik api diketahui kembali muncul di wilayah Curah Sriti, Blok Pusuk Lembu dan masih berusaha dipadamkan. Namun hingga kini belum diketahui apa penyebab kebakaran dan luasan lahan yang terbakar.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama

26 Februari 2020, 07:53:00

Rombongan siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dlanggu Mojokerto mengadakan Kunjungan Industri ke kampus Universitas Narotama pada Rabu, 26 Februari 2020. Kedatangan rombongan 68 siswa dan 10 guru pembimbing SMKN 1 Dlanggu ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT bertempat di Conference Hall Universitas Narotama. Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh para ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona
27 Februari 2020, 09:00:07

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona Jakarta -- Pemerintah China secara resmi mengumumkan larangan perdagangan dan konsumsi satwa liar yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona. Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) menyetujui proposal larangan perdagangan satwa .....

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali
27 Februari 2020, 09:00:07

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali Gianyar, SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) menyebut penjualan Almaz dan Confero masuk ke produk paling banyak diminati untuk pasar Bali sepanjang Januari sampai Desember 2019. Media Relations Wuling Indonesia Brian Gomgom .....