go green
Recent Issues

Presiden Guatemala Dorong Legalisasi Narkoba

Presiden Guatemala Dorong Legalisasi Narkoba

26 Maret 2012, 09:57:11

Presiden Guatemala, Otto Perez Molina, mendorong perlunya legalisasi dan dekriminalisasi penggunaan narkoba, di antaranya ganja dan kokain. Hal ini dilakukan demi mengurangi tingkat kekerasan akibat perdagangan narkoba di wilayah Amerika Tengah.

Hal ini disampaikan Molina dalam Konferensi negara-negara Amerika Tengah di Antigua, Guatemala, Sabtu pekan lalu. Diberitakan CNN, Minggu 26 Maret 2012, pertemuan itu berlangsung sukses, terbukti dengan diangkatnya kembali isu yang sebelumnya dianggap tabu.

Selain menyerukan legalisasi narkoba di negara-negara Amerika Tengah, Molina juga menyampaikan beberapa proposal untuk menghentikan kekerasan yang berhubungan dengan kartel obat bius. Di antaranya adalah menciptakan pengadilan regional kasus-kasus perdagangan narkoba dan menuntut kompensasi ekonomi bagi setiap ganja dan kokain yang disita pemerintah Amerika Serikat.

"Kami membicarakan kompensasi ekonomi untuk setiap penyitaan dan pemusnahan ladang ganja dan kokain," kata Molina.

Molina mengatakan, proposal ini juga akan disampaikan pada Konferensi Amerika di Cartagena, Kolombia, bulan depan. Jika disetujui, maka ini akan menjadi pembuka jalan bagi perubahan kebijakan terkait kekerasan narkoba yang hampir terjadi setiap hari di kawasan tersebut.

Molina bukanlah pemimpin pertama yang mengusulkan legalisasi narkoba untuk mengurangi tingkat kekerasan. Pada 2009 lalu, tiga mantan pemimpin Amerika Latin, yaitu Fernando Henrique Cardoso dari Brasil, Cesar Gaviria dari Kolombia, dan Ernesto Zedillo dari Meksiko, juga pernah menyerukan legalisasi ganja.

Namun, isu ini tidak pernah terealisasi menjadi undang-undang baru. Pengamat mengatakan, para pemimpin berkuasa khawatir akan konsekuensi politis jika menerapkan legalisasi ganja, terutama karena masih diperdebatkannya resiko kesehatan jika dilakukan legalisasi.


• VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur

24 Februari 2020, 01:50:17

Program studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti 40 tim sekolah SMA dan SMK se Jawa Timur. Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020. Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor
23 Februari 2020, 09:00:29

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor Jakarta, Pakar keamanan siber dari CISSReC Doktor Pratama Persadha menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menjaga keamanan data Sensus Penduduk 2020, mengingat ada potensi terjadi kebocoran data seperti di Ekuador, .....