go green
Recent Issues

Jepang-China Memanas Perebutkan Senkaku

Jepang-China Memanas Perebutkan Senkaku

29 November 2013, 12:13:02

Wahyu Dwi Anggoro - Okezone
TOKYO – Sengketa Senkaku kembali memanas akibat ulah China. Jepang mengeluarkan kecaman keras setelah China memasukkan Senkaku dalam zona pertahanan udaranya.

“Jepang menyesalkan zona pertahanan udara China yang dapat memunculkan konsekuensi yang tidak diinginkan di wilayah Laut China Timur,” tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Jepang dalam rilis pers yang diterima Okezone, Rabu (27/11/2013).

“Zona pertahanan udara tersebut mengklaim Senkaku sebagai wilayah China. Kami sama sekali tidak bisa menerimanya,” lanjut pernyataan itu.

Pemerintah China mengumumkan zona pertahanan udaranya di Laut China Timur pada 23 November 2013. Mereka mengklaim wilayah udara yang termasuk dalam zona tersebut sepenuhnya dalam penguasaan China.

Kedua negara terus meningkatkan klaim atas Kepulauan Senkaku atau yang di China dikenal dengan nama Kepulauan Diaoyu. Kapal patroli China dan Jepang kerap bentrok di perairan Senkaku.

Selain Jepang, zona pertahanan udara China juga dikecam Korea Selatan (Korsel). Negeri Ginseng itu bersengketa dengan China atas Karang Leodo di Laut China Timur.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
UNNAR dan PPNS Mengadakan MoU UNNAR dan PPNS Mengadakan MoU

20 Januari 2020, 02:29:41

Didasari oleh keinginan bersama untuk saling menunjang dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan negara, Universitas Narotama (UNNAR) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU). MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor UNNAR Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Direktur PPNS Ir. Eko Julianto, M.Sc., FRINA pada Kamis, 16 Januari 2020, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News