go green
Recent Issues

Biksu di Tibet Dilarang Nonton TV

 Biksu di Tibet Dilarang Nonton TV

28 Desember 2012, 09:23:58

Wahyu Dwi Anggoro
Kamis, 27 Desember 2012 18:02 wib
Biksu (Foto: Reuters)

BEIJING – Ratusan televisi yang berada di kuil-kuil milik biksu Tibet ditarik oleh rezim komunis di Prefektur Huangnan, China. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah menyebarnya propaganda anti-China yang berasal dari siaran televisi luar negeri.

Program televisi yang berisi propaganda anti-China itu disebut-sebut menjadi salah satu penyebab maraknya aksi bakar diri yang dilakukan para biksu.

Tercatat sekitar 81 orang biksu di berbagai wilayah Tibet melakukan aksi bakar diri sepanjang tahun 2012. Di wilayah Prefektur Huangnan sendiri, sudah ada lima biksu yang melakukan aksi bakar diri tahun ini.

“Tindakan tersebut dilakukan untuk mengembalikan kestabilan sosial di Prefektur Huangnan. Kami berkomitmen untuk mencegah terjadinya aksi bakar diri,” ucap Pemerintah Prefektur Huangnan, seperti dikutip Reuters, Kamis (27/12/2012).

Namun para biksu di Huangnan tidak akan selamanya hidup tanpa televisi. Pemerintah Huangnan berencana akan memberikan televisi bertransmisi khusus kepada kuil-kuil yang ada di wilayahnya. Televisi tersebut sebagian besar akan berisi acara-acara yang dibuat oleh rezim komunis di China.

Selain memblokir arus informasi dari luar, pihak aparat di Huangnan juga akan memperketat patroli di wilayah tersebut. Patroli itu dilakukan untuk menjaga apabila sewaktu-waktu terdapat biksu yang berusaha melakukan aksi bunuuh diri.

Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama menyatakan, aksi bakar diri tersebut dilakukan para biksu sebagai bentuk perlawanan terhadap rezim komunis China yang menguasai wilayah Tibet sejak tahun 1950. Pemerintah China sendiri menganggap wilayah Tibet sebagai bagian dari kedaulatannya dan menganggap Dalai Lama sebagai pemberontak.(faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dan Dinas PUPR Pacitan Mengadakan Kerjasama Pelatihan Universitas Narotama dan Dinas PUPR Pacitan Mengadakan Kerjasama Pelatihan

17 Februari 2020, 03:23:11

Universitas Narotama (UN) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten Pacitan mengadakan kerjasama untuk saling menunjang dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan negara. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU). MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Kepala Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah
17 Februari 2020, 09:00:00

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah Jakarta -- Tatapannya lemah. Wajahnya tampak lelah. Raut mukanya tak berseri saat ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. Dia adalah Wardi, seorang Kepala Sekolah SDN 1 Kalijaya, Ciamis, Jawa Barat. Sudah setahun .....