go green
Recent Issues

Mengintip Gaji dan Tunjangan Prajurit TNI usai Disorot DPR

Mengintip Gaji dan Tunjangan Prajurit TNI usai Disorot DPR

01 Mei 2021, 09:00:02

Jakarta -- Gaji prajurit TNI, mulai pangkat terendah hingga jenderal, disebut berada pada kisaran Rp1,6 juta hingga Rp5,9 juta. Tambahan penghasilan datang dari tunjangan yang bisa berkali lipat dari gajinya.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyoroti soal kompensasi perjalanan bagi awak kapal selam KRI Nanggala-402. Menurutnya, besaran kompensasi kesejahteraan itu tidak layak.

"Misalnya awak kapal kita yang berlayar seperti Nanggala yang kita semua berduka ini kalau dilihat dari kompensasi kesejahteraannya dalam keadaan normal, itu menurut saya tidak layak sebenarnya," ucap Sukamta dalam siaran CNN Indonesia TV, Senin (26/4).

"Kompensasi perjalanan itu per harinya masih untuk naik ojek ke kantor itu enggak cukup gitu lho," ujar dia menambahkan.

Namun demikian, Sukamta tidak merinci berapa angka kompensasi kesejahteraan bagi awak kapal yang diterima dan jumlah idealnya.

Jika merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2001 Tentang Peraturan Gaji Anggota Tentang Nasional Indonesia, gaji untuk anggota TNI bervariasi berdasarkan pangkat.

Untuk Tamtama, gaji terendah yakni bagi Prajurit Dua atau Kelasi Dua sebesar Rp1.643.500 dan tertinggi yakni Kopral Kepala sebesar Rp2.960.700.

Lalu Bintara, gaji terendah yakni bagi Sersan Dua sebesar Rp2.103.700 dan tertinggi bagi Pembantu Letnan sebesar Rp4.032.600.

Selanjutnya Perwira Pertama, gaji terendah bagi Letnan Dua sebesar Rp2.735.300 dan tertinggi bagi Kapten sebesar Rp 4.780.500.

Sementara Perwira Menengah, gaji terendah yakni bagi Mayor sebesar Rp3.000.100 dan tertinggi bagi Kolonel sebesar Rp 5.243.400.


Lalu terakhir Perwira Tinggi, gaji terendah yakni bagi Brigjen, Laksamana Pertama, Marsekal Pertama sebesar Rp3.290.500 dan tertinggi bagi Jenderal, Laksamana, Marsekal sebesar Rp5.930.800.

Selain gaji, anggota TNI juga mendapat tunjangan kinerja. Besaran tunjangan ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan TNI.

Tunjangan terendah yakni bagi kelas 1 sebesar Rp1.968.000 dan tertinggi bagi Panglima TNI sebesar 150 persen dari tunjangan kelas 17. Sebagai catatan, tunjangan kelas 17 sebesar Rp29.085.000.

Selain tunjangan kinerja, Anggota TNI juga mendapat tunjangan lainnya yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 33 Tahun 2017 Tentang Penghasilan Prajurit Tentara Nasional Indonesia di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI.

Beberapa tunjangan itu diantaranya tunjangan isteri/suami; tunjangan anak; tunjangan pangan/beras; uang lauk pauk; tunjangan umum; tunjangan jabatan struktural/fungsional;

Lalu, tunjangan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan; tunjangan khusus Provinsi Papua; tunjangan pengabdian wilayah terpencil dan beberapa tunjangan lainnya.

Diketahui, KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah sebelumnya disebut hilang kontak. Sebanyak 53 awaknya pun dinyatakan gugur dalam tugas.

Pemerintah sudah menganugerahkan bintang jasa, kenaikan pangkat luar biasa bagi para prajurit, serta bantuan beasiswa hingga rumah bagi keluarga mereka.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

08 Juni 2021, 13:51:46

Sejak Rabu (2/6/2021), suasana Ruang Rapat Gedung D Universitas Narotama (UN) Surabaya selalu terlihat banyak orang beraktivitas. Mereka secara marathon sedang menyusun Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk semua program studi (prodi) yang ada di lingkungan Universitas Narotama. Kegiatan yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM ini melibatkan berbagai unit ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas
14 Juni 2021, 09:00:00

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas Jakarta -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19, M. Praswad Nugraha berhadapan dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait laporan dugaan pelanggaran etik. Praswad .....

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital
14 Juni 2021, 09:00:00

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital Jakarta -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan soal nasib stasiun televisi lokal saat pemerintah sepenuhnya mengalihkan seluruh siaran analog menjadi siaran digital atau Analog Switch Off (ASO). Juru bicara Kominfo .....

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah
11 Juni 2021, 09:00:04

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah Jakarta, -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk mengatur siapa saja guru yang dapat mengajar pada pembelajaran tatap muka disekolah. Hal ini menyusul permintaan .....