go green
Recent Issues

Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang

Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang

22 April 2021, 09:00:00

Jakarta -- Facebook mengumumkan akan meluncurkan aplikasi audio Soundbites yang hanya bisa diakses lewat undangan, serupa Clubhouse.

Aplikasi baru ini bakal dinamakan Soundbites dan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa memasukkan klip audio pendek dan room dimana pengguna bisa saling berinteraksi lewat suara secara langsung.

Zuck juga menyebut pengguna bakal bisa mencari dan memainkan podcast dari aplikasi ini langsung di Facebook.

Aplikasi ini disebut akan segera diuji secara terbatas dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami akan mulai menguji Soundbites selama beberapa bulan ke depan dengan sejumlah kecil kreator dan menyempurnakan produk dengan masukan mereka sebelum membuatnya tersedia untuk semua orang."

Popularitas Clubhouse membuka potensi layanan chat berbasis audio. Hal ini juga membuat para pembuat aplikasi media sosial lawas segera mengantisipasi dengan membuat fitur serupa.

Twitter telah lebih dulu meluncurkan aplikasi audio miliknya yang dinamakan Spaces dan diperkirakan meluncur April. Kini, giliran Facebook yang ikut serta.

"Audio sebagai medium membuat pengguna bisa mengikuti diskusi jangka panjang dan mengeksplorasi ide," jelas Zuck. "Anda isa mendengarkan topik yang lebih sulit (dicerna) lewat medium lain. Dan lewat audio, saya kira, membuat lebih mudah diakses, karena bisa didengarkan sambil melakukan hal lain," jelas Zuck dalam wawancara dengan Casey Newton, mantan reporter The Verge yang kini membuat buletin sendiri, seperti dikutip The Guardian.

Bisa dapat uang dari Soundbites
Facebook juga tengah mencari cara agar pembuat konten bisa menghasilkan uang dari platform suara ini.

"Jadi saat peluncuran, kami memperkenalkan berbagai cara bagi pembuat audio untuk membangun bisnis sambil mengejar minat mereka," tulis Facebook di laman resmi.

Selain itu, Facebook juga akan menguji Live Audio Rooms di platform media sosial Facebook dan Messenger. Diharapkan fitur baru ini sudah bisa dipakai pengguna pada pertengahan 2021.

Facebok juga berencana memonetisasi Live Audio Rooms. Sehingga, pengguna bisa mendukung para kreator degan memberikan bintang atau memberikan donasi kepada para kreator.

Nantinya, kreator juga akan bisa menerapkan sistem biaya berlangganan kepada mereka yang ingin mendengarkan diskusi audio tersebut.

Monetisasi juga akan diterapkan untuk aplikasi audio baru Soundbites. Facebook bakal membuat Dana Kreator Audio agar para pembuat konten audio bisa mengumpulkan dana dari para penggemar mereka.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim

10 Mei 2021, 12:29:41

Selain aktivitas beribadah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, bulan Ramadhan juga merupakan momen memperbaiki hubungan dengan sesama umat manusia. Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan acara “Buka Bersama Keluarga Fasilkom & Anak Yatim' pada hari Rabu, 5 Mei 2021, di Asrama Yatim Mizan Amanah, Tenggilis Mejoyo. Buka puasa bersama tersebut diikuti 18 mahasiswa ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok
11 Mei 2021, 09:00:00

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok Jakarta -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pembayaran tunggakan insentif Desember 2020 terhadap para relawan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet akan dibayarkan paling lambat besok. Sekretaris Badan .....

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS
11 Mei 2021, 09:00:00

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS Jakarta -- Kendaraan kemudi otomatis tidak hanya dimanfaatkan untuk penumpang. Kali ini restoran pizza Dominos meluncurkan layanan pengiriman pizza menggunakan mobil robot kepada pelanggan terpilihnya di Houston, Amerika Serikat. Robot yang .....