go green
Recent Issues

Gelar Jelajah Dongeng Anti-Korupsi, KPK Ajarkan Integritas ke Anak TK-SD

Gelar Jelajah Dongeng Anti-Korupsi, KPK Ajarkan Integritas ke Anak TK-SD

26 Agustus 2019, 09:00:18

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berbincang dengan anak-anak TK dan SD. Saut menanamkan dasar integritas yang dianut KPK kepada anak-anak tersebut.

Saut menyampaikan itu dalam acara bertajuk `Jelajah Dongeng Anti Korupsi` itu digelar di gedung lama KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Sabtu (24/8/2019). Setelah menanyakan cita-cita beberapa anak, Saut berpesan harus menanamkan integritas agar mudah meraih cita-cita.
"Hari ini kita bicara bagaimana kita membangun integritas. Di KPK ada 9 nilai integritas. Jadi kalau mau jadi hebat, jadi dokter, pembalap mau jadi guru jadi pilot, arsitek dan lain-lain," kata Saut kepada para peserta.

Sembilan nilai integritas itu yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, berani, adil dan sederhana. Sembilan nilai itu harus dianut oleh anak-anak.
"Buat adik-adik ingat pesan yang mau jadi dokter, pilot, pembalap harus pegang 9 nilai itu. Bahasa sederhananya paling atas itu jujur, nah yang lainnya pasti ngikut. Makanya KPK bilang berani jujur itu hebat. Saya percaya orang orang ini akan menjadi orang hebat nantinya," ujar Saut.

Selain itu, Saut menyebut anak-anak tidak boleh membedakan orang-orang antara satu dengan yang lainnya. Ia juga meyakini anak-anak yang hadir dalam acara itu tidak akan tertangkap kasus korupsi di masa depan.
"Di KPK sudah ada penangkapan lebih dari 1.000 orang. 1.000 orang itu ada menteri, gubernur, wali kota, DPRD, itu jangan kita tambahi lagi. Jadi mulai disiplin dari hal sederhana jangan sampai ketemu orang-orang yang di belakang itu," tutur Saut.

Usai acara, Saut mengatakan integritas perlu dibangun sejak dini. Acara seperti ini juga akan digelar di kota-kota lainnya.
"(Acara ini digelar) karena kita harus masuk ke semua jenjang pendidikan, dalam UU dari semua jenjang pendidikan. Hari ini TK, SD guru-gurur juga memang skala ekonomi belum banyak hanya beberapa sekolah tapi habis ini ke Bandung, Surabaya intinya membangun integritas itu aja," kata Saut kepada wartawan.




Sumber: Detik.Com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Keterbatasan Tak Halangi Perjalanan Firdaus Menyelesaikan Perkuliahan Keterbatasan Tak Halangi Perjalanan Firdaus Menyelesaikan Perkuliahan

21 September 2019, 04:29:13

Keterbatasan tidak seharusnya menjadi halangan seseorang untuk berprestasi. Hal itu dibuktikan oleh Firdaus Hassan, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR). Sejak kecil, Firdaus memiliki sebuah keterbatasan yaitu tidak dapat mendengar dengan sempurna (tuna rungu). Meski begitu, Firdaus tidak pernah bersekolah di Sekolah Luar Biasa, melainkan selalu bersekolah di sekolah reguler. Dengan keterbatasannya, Firdaus berusaha untuk bisa memahami pembelajaran dengan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme
22 September 2019, 09:00:01

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme Jakarta -- Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) mengendus ada indikasi donasi yang digalang lembaga kemanusiaan justru diselewengkan untuk pendanaan terorisme. Penggalangan dana juga dilakukan melalui media sosial. Koordinator Riset .....

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data
20 September 2019, 09:00:00

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data

Manajer Kampanye Kebijakan untuk FacebookIndonesia, Noudhy Valdryno mengatakan pihaknya bakal terus bekerjasama dengan kementerian terkait untuk segera menetapkan aturan soal keamanan dan privasi data. "Tentunya terus kita bekerjasama, kita menghormati .....