go green
Recent Issues

Australia Kirim Tim Medis Bantu Papua Nugini Hadapi Covid

Australia Kirim Tim Medis Bantu Papua Nugini Hadapi Covid

11 April 2021, 09:00:00

Jakarta -- Tim medis kedua Australia dikirim ke Papua Nugini, Jumat (9/4), untuk membantu negara tersebut menghadapi pandemi Covid-19 yang mengancam meluluhlantakkan sistem kesehatannya.

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne mengatakan sebanyak 17 spesialis berangkat ke Port Moresby untuk membantu Papua Nugini (PNG) menahan penyebaran virus.

"Saat kami bekerja menghadapi masalah vaksin global, kami akan melanjutkan bekerja dengan PNG untuk meluncurkan vaksin sebagai tanggapan atas prioritas Pemerintah PNG," kata Payne.

Tim yang baru berangkat ini akan bergabung dengan grup ahli lainnya yang telah berada di lokasi sebelumnya. Australia diketahui terus mengirim pasokan darurat, termasuk alat perlindungan diri, kit pengujian cepat, dan lebih dari 8.000 dosis vaksin ke negara tersebut.

Papua Nugini, negara miskin berpenduduk lebih dari delapan juta di lepas pantai timur laut Australia, melaporkan sekitar 1.000 kasus Covid-19 pada tahun pertama pandemi.

Namun laporan teranyar menunjukkan bulan lalu saja ada lonjakan 5.000 kasus baru.

Pada Rabu (7/4), jumlah tersebut meningkat menuju 8.000 di tengah kekhawatiran pengujian yang kurang dan menyembunyikan skala wabah yang sesungguhnya.

Rumah sakit terpaksa menolak pasien baru karena kekurangan tenaga medis, yang juga terkonfirmasi positif dalam jumlah yang banyak.

Menteri Kesehatan PNG juga menyebut banyak kesalahan informasi di media sosial yang berpeluang mengancam upaya vaksinasi di negara tersebut.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menegaskan kembali komitmen untuk mengamankan vaksin AstraZeneca untuk negara-negara Pasifik, yang berarti bakal ada 10 ribu dosis lagi untuk Papua Nugini.

"Saya telah mengalihkan sejumlah vaksin itu untuk membantu upaya di Papua Nugini dan Timor Leste," kata Morrison kepada media di Canberra.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dan STIE Widya Gama Lumajang Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dan STIE Widya Gama Lumajang

06 Mei 2021, 10:09:10

Universitas Narotama (UN) Surabaya dan STIE Widya Gama Lumajang melakukan kerja sama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding / MoU) oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Dr. Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE, MM pada hari Senen 26 April 2021 . Penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tak Tiru Malaysia, Satgas Sebut RI Tetap Pakai AstraZeneca
03 Mei 2021, 09:00:00

Tak Tiru Malaysia, Satgas Sebut RI Tetap Pakai AstraZeneca Jakarta -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Indonesia belum memiliki rencana menyetop penggunaan vaksin Astrazeneca untuk program vaksinasi nasional. Hal itu merespons kebijakan Pemerintah Malaysia yang memutuskan untuk .....

Kominfo Umumkan Hasil Pemenang Penyelenggara TV Digital
07 Mei 2021, 09:00:01

Kominfo Umumkan Hasil Pemenang Penyelenggara TV Digital Jakarta -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan pihaknya telah menetapkan pemenang seleksi penyelenggara multiplexing untuk siaran televisi digital di 22 provinsi seluruh Indonesia. Penetapan dibuat setelah .....

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan
06 Mei 2021, 09:00:41

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan Jakarta, -- Sejumlah pemerhati pendidikan mengkritik hingga membantah pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang mengaku telah melakukan sejumlah terobosan dalam bidang pendidikan setelah hampir dua .....