go green
Recent Issues

3 Jurnalis Eropa Dibunuh di Burkina Faso

3 Jurnalis Eropa Dibunuh di Burkina Faso

29 April 2021, 09:00:00

Jakarta -- Sebanyak tiga jurnalis asal Eropa, dua warga negara Spanyol dan satu Irlandia, dilaporkan pada Selasa (27/4), dibunuh saat terjadi serangan kepada patroli aparat setempat di Burkina Faso.

Berdasarkan keterangan sumber AFP, seorang senior dari kesatuan keamanan di Afrika Barat, ketiganya dieksekusi oleh teroris.

Meski begitu dia tidak menjelaskan siapa pihak dibalik serangan pada Senin (26/4) yang menargetkan tim patroli, terdiri dari penjaga hutan dan wartawan asing, di wilayah timur Fada NGourma-Pama itu.

Penyerang dikatakan menggunakan dua pikap dan lebih dari 10 sepeda motor. Setidaknya tiga orang terluka dan satu warga negara Burkina Faso menghilang usai serangan terjadi.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengonfirmasi dua warga negaranya terbunuh.

"Berita terburuk telah terkonfirmasi. Semua kasih sayang kami untuk kerabat dan teman dari David Beriain dan Roberto Fraile (de Baracaldo) yang dibunuh di Burkina Faso," tulis Sanchez di Twitter.

Sanchez memuji keduanya, "mereka, seperti mereka, menjalankan jurnalisme yang berani dan esensial dari zona konflik".

Menteri Luar Negeri Spanyol Arancha Gonzales menjelaskan dalam konferensi pers bahwa kedua warga negaranya yang terbunuh itu membuat film dokumenter tentang tindakan Burkina Faso melindungi taman nasional, untuk melindungi sumber daya alam dari perburuan, dan untuk melindungi populasi di taman alam.

Beriain dikatakan wartawan perang yang pernah bekerja untuk CNN cabang Spanyol dan sekarang memproduksi film dokumenter spesialis aktivitas ilegal.

Sedangkan Fraile sempat bekerja untuk CyLTV. Menurut laporan media Spanyol, dia pernah terluka di Suriah pada akhir 2012 saat meliput Tentara Pembebasan Suriah.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Irlandia tidak memberikan detail terkait warga negaranya yang terbunuh, namun menjelaskan telah mengontak keluarga warga negara Irlandia dan memberikan semua dukungan yang memungkinkan.

Salah satu negara termiskin di dunia, Burkina Faso, sedang berjuang melawan pemberontakan kejam oleh kelompok Islam bersenjata. Pejabat resmi Burkina Faso juga mengungkap pada Selasa (27/4) terdapat serangan bersenjata lain di beberapa desa di area Seytenga yang setidaknya telah menewaskan 15 orang.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

08 Juni 2021, 13:51:46

Sejak Rabu (2/6/2021), suasana Ruang Rapat Gedung D Universitas Narotama (UN) Surabaya selalu terlihat banyak orang beraktivitas. Mereka secara marathon sedang menyusun Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk semua program studi (prodi) yang ada di lingkungan Universitas Narotama. Kegiatan yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM ini melibatkan berbagai unit ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas
14 Juni 2021, 09:00:00

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas Jakarta -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19, M. Praswad Nugraha berhadapan dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait laporan dugaan pelanggaran etik. Praswad .....

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital
14 Juni 2021, 09:00:00

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital Jakarta -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan soal nasib stasiun televisi lokal saat pemerintah sepenuhnya mengalihkan seluruh siaran analog menjadi siaran digital atau Analog Switch Off (ASO). Juru bicara Kominfo .....

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah
11 Juni 2021, 09:00:04

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah Jakarta, -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk mengatur siapa saja guru yang dapat mengajar pada pembelajaran tatap muka disekolah. Hal ini menyusul permintaan .....