go green
Recent Issues

Indonesia Punya 17 Lab Pendeteksi Mutasi Corona

Indonesia Punya 17 Lab Pendeteksi Mutasi Corona

10 April 2021, 09:00:34

Jakarta -- Kementerian Kesehatan mengungkap hanya ada 17 laboratorium yang bisa digunakan untuk mendeteksi mutasi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Kemenkes mengatakan jumlah itu cukup banyak.

"Ada 17 laboratorium. Sudah ditambah sampel pemeriksaannya, jadi sudah cukup untuk sistem pemantauan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Ia mengatakan setiap laboratorium memiliki kapasitas pemeriksaan 20-30 spesimen setiap hari. Sementara sekali pemeriksaan dapat memakan waktu dua sampai tiga pekan.

Nadia yakin jumlah tersebut sudah cukup untuk saat ini. Pemeriksaan spesimen untuk mendeteksi mutasi dilakukan hanya untuk pemantauan demi mencegah penularan yang lebih luas.

"Karena ini tidak bisa dilakukan seperti pemeriksaan rutin karena metodenya berbeda dan butuh keahlian khusus," tambahnya.

Setidaknya ada dua mutasi corona sudah ditemukan di Indonesia, yakni mutasi varian E484K alias Eek dari Jepang dan B117 dari Inggris.

Jumlah kasus mutasi corona tersebut masih sedikit. Kemenkes baru menemukan satu kasus Eek di DKI Jakarta yang diduga merupakan penularan lokal, karena penderita tidak habis bepergian ke luar negeri.

Sementara kasus B117 yang ditemukan di Indonesia baru 10 orang. Lokasinya berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dan STIE Widya Gama Lumajang Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dan STIE Widya Gama Lumajang

06 Mei 2021, 10:09:10

Universitas Narotama (UN) Surabaya dan STIE Widya Gama Lumajang melakukan kerja sama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding / MoU) oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Dr. Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE, MM pada hari Senen 26 April 2021 . Penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tak Tiru Malaysia, Satgas Sebut RI Tetap Pakai AstraZeneca
03 Mei 2021, 09:00:00

Tak Tiru Malaysia, Satgas Sebut RI Tetap Pakai AstraZeneca Jakarta -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Indonesia belum memiliki rencana menyetop penggunaan vaksin Astrazeneca untuk program vaksinasi nasional. Hal itu merespons kebijakan Pemerintah Malaysia yang memutuskan untuk .....

5 Cara Cek NIK Online, Tak Perlu ke Kantor Dukcapil
06 Mei 2021, 09:00:01

5 Cara Cek NIK Online, Tak Perlu ke Kantor Dukcapil Jakarta -- Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan serangkaian 16 nomor unik dan penting di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Nomor ini berfungsi untuk menelusuri atau mengetahui identitas penduduk Indonesia, sehingga penting .....

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan
06 Mei 2021, 09:00:41

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan Jakarta, -- Sejumlah pemerhati pendidikan mengkritik hingga membantah pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang mengaku telah melakukan sejumlah terobosan dalam bidang pendidikan setelah hampir dua .....