go green
Recent Issues

7 Poin Perubahan Besar iPhone 12 Hingga iPhone 12 Mini

7 Poin Perubahan Besar iPhone 12 Hingga iPhone 12 Mini

18 Oktober 2020, 09:00:00

Jakarta,Jakarta,
Apple resmi meluncurkan iPhone 12 sebagai ponsel terbarunya. Terdapat empat varian iPhone 12, yakni iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Seperti prediksi sebelumnya, iPhone 12 menyajikan perubahan yang besar jika dibandingkan dengan jajaran iPhone sebelumnya. Perubahan itu terlihat dari jaringan, desain, kamera, fitur, hingga prosesor yang digunakan.

Jaringan

Salah satu hal kelebihan iPhone 12 yang sudah diprediksi sejak awal adalah jaringan 5G. Apple mengklaim 5G di seluruh varian iPhone 12 memungkinkan untuk mengunduh film, streaming video berkualitas lebih tinggi, dan FaceTime dalam HD dengan kecepatan super cepat.

Bahkan, Apple menyampaikan iPhone 12 mini menjadi ponsel 5G terkecil, tertipis, dan teringan di dunia.
Desain

Perubahan besar yang mengejutkan adalah desain. Iphone 12 sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan iPhone sebelumnya, yakni iPhone 11. Menariknya, iPhone 12 memiliki desain yang mirip dengan iPhone 5 dengan balutan Ceramic Shield dan notch untuk menampung kamera depan.

Dalam laman resmi Apple, Apple menjelaskan Ceramic Shield dibuat dengan memasukkan kristal nano-keramik yang diklaim lebih keras dari kebanyakan logam ke dalam kaca. Ceramic Shield disebut adalah yang pertama di ponsel cerdas mana pun dan lebih tangguh dari kaca ponsel cerdas mana pun.

Bazel iPhone 12 juga tampak lebih sedikit. Di bagian sisinya juga dibalut besi tahan karat sekelas alat bedah. Layar untuk iPhone 12 Pro Max juga lebih besar dari iPhone 11 Pro Max.

Kamera

Apple menghadirkan kemampuan kamera yang lebih tinggi pada varian iPhone 12 Pro dan Pro Max. Meski memiliki tiga kamera seperti iPhone 11 Pro dan Pro Max, iPhone 12 dengan varian tertinggi itu mendukung fitur fotografi mode malam dan komputasi Apple ProRAW.

Melansir Tech Radar, Apple ProRAW memungkinkan pengguna mengubah white balance, eksposur, tone, dan warna foto setelah diambil tanpa menurunkan kualitas gambar.

Selain itu, kamera iPhone 12 dapat merekam video HDR dengan Dolby Vision hingga 60 fps. Puncaknya, kamera iPhone 12 Pro dan Pro Max memiliki potret mode mala yang didukung pemindai LiDAR.

Pemindai LiDAR diklaim dapat mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan cahaya untuk memantulkan kembali objek. NASA diketahui menggunakan teknologi LiDAR untuk pendaratan Mars berikutnya.

IPhone 12 dan mini hadir dengan dua kamera belakang 12MP dan depan 12 MP. Sedangkan iPhone 12 Pro dan Pro Max hadir dengan tiga kamera belakang 12MP dan sebuah kamera depan 12MP.

Prosesor

Selain desain, salah satu hal yang disorot dari Iphone 12 adalah penggunaan cip A14 Bionic. Melansir Apple, cip A14 Bionic diklaim sebagai cip tercepat yang pernah ada di ponsel pintar.

Apple mengaku menggunakan 11,8 miliar transistor agar cip A14 Bionic bekerja lebih cepat.

A14 Bionic merupakan cip 5 nanometer pertama di industri ponsel pintar. Apple menyebut komponen cip itu diukur hanya dalam atom, yang berarti transistor dikemas sangat berdekatan agar energi mengalir lebih cepat dan lebih sedikit energi yang hilang.

Selanjutnya, Apple menggandakan ini performa Neural Engine dari 8 menjadi 16. Hal itu membuat kerja machine learning menjadi intensif, misalnya ketika penggunaan Deep Fusion untuk menyempurnakan detail di foto.

Hal itu juga membuat kerja CPU iPhone 12 70 persen lebih cepat. Cip A14 Bionic juga mengoptimalkan rekaman 4K HDR dengan Dolby Vision.

Fitur unik

Seluruh varian iPhone 12 diketahui tahan terhadap perendaman air hingga 6 meter hingga 30 menit. Selain itu, iPhone 12 mendukung pengisian daya nirkabel MagSafe yang menyediakan daya hingga 15W.

IPhone 12 juga memiliki fitur SIM ganda, NFC, Face ID, Apple Pay, Apple Card, Siri, dan pengisian daya hingga 50 persen dalam 30 menit dengan adaptor 20W atau lebih tinggi yang dijual terpisah.

Sistem Operasi

Apple menerapkan sistem operasi iOS 14 pada semua varian iPhone 12. Apple tampak mendesain ulang widget agar dapat menyesuaikan layar dan mudah dinavigasi.

iOS 14 juga menghadirkan cara baru untuk menemukan dan menggunakan aplikasi dengan App Clips.

Isi kotak

Apple mengumumkan tidak menyertakan adaptor daya dan EarPods di dalam kotak. Perusahaan itu hanya menyediakan ponsel, dokumen, dan kabel lightning di dalam kotak.

Apple mengklaim kebijakan itu dalam rangka mengurangi emisi karbon. Perubahan itu disebut akan mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahun, setara dengan menghilangkan hampir 450.000 mobil dari jalan raya per tahun.






sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Narotama Juara 1 English Accounting Presentation Competition (EAPC) 2020 Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Narotama Juara 1 English Accounting Presentation Competition (EAPC) 2020

03 Desember 2020, 13:38:13

Victor Da Costa Monteiro, mahasiswa Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UN) Surabaya berhasil meraih Juara 1 “English Accounting Presentation Competition (EAPC) 2020” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Politeknik PUSMANU Pekalongan yang pelaksanaan penjurian berlangsung tanggal 27-28 November 2020. Pengumuman pemenang kompetisi EAPC 2020 pada hari Minggu, 29 November 2020. Juara 1 adalah Victor ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

ITS Surabaya Sabet Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020
01 Desember 2020, 09:00:03

ITS Surabaya Sabet Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020 Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi juara umum tingkat nasional pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berharap kontes robot ini menjadi wadah bagi .....

Kampus Dibuka Januari 2021, Kuliah Tatap Muka dan Online
04 Desember 2020, 09:00:00

Kampus Dibuka Januari 2021, Kuliah Tatap Muka dan Online Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan perguruan tinggi atau kampus boleh membuka kegiatan belajar pada Januari 2021. Pembelajaran bakal berjalan tatap muka dan daring (online). "Di lingkungan pendidikan tinggi, .....