go green
Recent Issues

PBNU Usung Miftachul Akhyar Kandidat Ketum MUI 2020-2025

PBNU Usung Miftachul Akhyar Kandidat Ketum MUI 2020-2025

25 November 2020, 09:00:39

Jakarta -- Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud mengatakan pihaknya telah resmi mengajukan Rais Aam PBNU, Miftachul Akhyar sebagai bakal calon ketua umum MUI periode 2020-2025 dalam Musyawarah Nasional MUI X yang digelar di Jakarta, hari ini (25/11)

"Dari PBNU mengajukan Kiai Miftachul Akhyar, Rais Aam PBNU, iya resminya dari PBNU begitu," kata Marsudi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).

Marsudi mengatakan PBNU hanya mengusulkan nama Miftachul Akhyar saja untuk menjadi Caketum MUI kali ini. Ia mengklaim belum mengetahui kandidat lain yang akan maju bersama-sama Miftachul sebagai calon ketua umum MUI dalam Munas.

"Ya yang lainnya saya gak ngerti. PBNU cuma satu aja itu," kata Marsudi.

Diketahui, nama Miftachul Akhyar sempat disebut-sebut masuk dalam bursa calon ketua umum MUI 2020-2025. Pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Surabaya, Jawa Timur itu masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU sejak 2018 lalu. Ia menggantikan posisi Maruf Amin usai dicalonkan sebagai kandidat wakil presiden pada Pilpres 2019.

Terpisah, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti mengklaim pihaknya belum mengajukan kader terbaik Muhammadiyah sebagai calon Ketum MUI 2020-2025. Ia hanya menegaskan pemilihan Ketum MUI dilakukan oleh tim formatur yang akan dipilih dan ditetapkan peserta Munas.

"Belum," kata Abdul.

Senada, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad mengatakan pihaknya belum mengetahui siapa kader Muhammadiyah yang diajukan untuk menjadi kandidat Caketum MUI. Ia mengklaim bahwa PP Muhammadiyah tak mengajukan nama-nama personal secara khusus dalam Munas MUI.

"Tapi secara formal mekanisme diserahkan kepada Musyawirin [peserta Munas] diharapkan tidak memandang latar belakang ormas tertentu tapi kapabilitas dan kepantasan yang diutamakan," kata Dadang.

Sebelumnya, Ketua Steering Comittee (SC) Munas MUI, Abdullah Jaidi sempat membeberkan terdapat beberapa nama ulama yang berlatar belakang Muhammadiyah, seperti Muhyiddin Junaidi, Anwar Abbas, hingga Syafiq Mugni dalam bursa Caketum MUI.

Munas MUI sendiri akan dibuka pada Rabu (25/11) malam ini dan berlangsung hingga Jumat (27/11) mendatang. Salah satu agenda strategis dalam Munas ini adalah pergantian Ketua Umum dan kepengurusan baru masa bakti 2020-2025.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dalam News Berita Harian Malaysia, Kerjasama Strategic Antarbangsa FKA Universiti Teknologi MARA Malaysia Universitas Narotama dalam News Berita Harian Malaysia, Kerjasama Strategic Antarbangsa FKA Universiti Teknologi MARA Malaysia

27 Januari 2021, 19:06:25

Universitas Narotama (UN) Surabaya menjadi salah satu 16 perguruan tinggi dari berbagai negara yang masuk dalam Kerjasama Strategik Antarbangsa Fakultas Teknik Sipil Universiti Teknologi MARA (FKA, UiTM). Mitra kerjasama strategis Universitas Narotama dengan FKA UiTM, satu-satunya institusi pendidikan Teknik Sipil di Malaysia yang telah mendapatkan akreditasi penuh selama enam tahun (tanpa interim) dari Board of Engineers Malaysia (BEM) untuk Program ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Daftar 6 Vaksin Corona yang Akan Disetujui WHO
28 Januari 2021, 09:00:00

Daftar 6 Vaksin Corona yang Akan Disetujui WHO Jakarta -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana mempercepat persetujuan vaksin virus corona (Covid-19) buatan sejumlah perusahaan mulai dari Amerika Serikat hingga China. Langkah itu dilakukan WHO sebagai upaya mendukung program vaksinasi .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....