go green
Recent Issues

Menag Bakal Terbitkan Aturan Ibadah Natal di Tengah Corona

Menag Bakal Terbitkan Aturan Ibadah Natal di Tengah Corona

26 November 2020, 09:00:02

Jakarta -- Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan bakal menerbitkan aturan terkait protokol kesehatan jelang perayaan Natal 2020. Aturan protokol kesehatan ini diklaim serupa dengan protokol yang diberlakukan saat perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha.

"Kalau ibadah Natal produknya akan kami keluarkan minggu ini. Pada dasarnya mirip saja dengan yang lalu," kata Fachrul di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/11).

Adapun poin pasti aturan itu ialah menghindari kerumunan, jaga jarak, dan tetap mengecek kesehatan. Ia menegaskan bahwa protokol kesehatan agama apapun bakal sama.

"Pada dasarnya ibadah agama apapun warga akan berbondong-bondong mengikuti, jadi sama saja aturannya seperti Idul Fitri dan Idul Adha," terang dia.

Lebih lanjut Fachrul menuturkan, aturan tersebut tengah digodok lebih lanjut bersama jajaran di Kemenag. Pihaknya telah membahas bersama Ditjen Pembinaan Agama Kristen dan Katolik untuk menyusun aturan tesebut.

"Produk kami keluarkan akhir minggu ini. Kemarin sudah kami rapatkan, rumuskan bersama antara pembinaan dan pengawas Kristen dan Katolik," beber dia.

Sebelumnya, Kemenag telah menerbitkan aturan soal pelaksanaan Idul Fitri dan Idul Adha di tengah pandemi corona.

Dalam aturan itu, Kemenag mengimbau agar pelaksanaan salat dapat dilakukan di rumah. Sementara jumlah orang yang melakukan salat di lapangan juga harus dibatasi, termasuk soal penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo telah meminta agar libur akhir tahun saat Natal dan Tahun Baru dipangkas untuk menekan kasus covid-19 di Indonesia.

Libur panjang dinilai menjadi salah satu alasan kenaikan kasus covid-19.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021 Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021

23 Januari 2021, 13:00:05

Universitas Narotama (UN) bersama Universiti Sultan Zainal Abidin (UnisZa) dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan pertemuan secara daring yang berlangsung pada hari Kamis, 21 Januari 2021. Pertemuan ini membahas pengembangan kerja sama antara ketiga institusi tentang penelitian bersama dan publikasi internasional. Pertemuan tersebut secara khusus merupakan persiapan acara “5th Management and Business Worldconference: International Conference On Economic, Management, Digital ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang
17 Januari 2021, 09:00:00

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang Jakarta -- Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat agar tak tertipu dengan penipuan lelang. Sebab, sejauh ini masih ada beberapa modus penipuan lelang yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Direktur .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....