go green
Recent Issues

Api Membara 32 Jam, Puluhan Hektar Lahan Gambut Terbakar

Api Membara 32 Jam, Puluhan Hektar Lahan Gambut Terbakar

18 Juli 2019, 09:00:17

Palembang -- Kebakaran lahan gambut di tiga daerah Sumatra Selatan terjadi pada Sabtu (13/7) dan Minggu (14/7). Puluhan hektar lahan terbakar. Satgas gabungan pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kewalahan berjibaku memadamkan api yang semakin meluas selama 32 jam.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Selatan Ansori mengatakan tiga desa yang lahan gambutnya terbakar yakni di Desa Prambatan, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dengan luasan 20 hektar.

Selain itu, 2,5 hektar lahan terbakar di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan serta 1 hektar lahan terbakar di Desa Suak Batok, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

"Kebakaran di dua lokasi di Ogan Ilir sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan oleh tim gabungan setempat dalam waktu relatif cepat. Untuk yang di PALI kebakaran terjadi dalam waktu yang panjang," ujar Ansori, Senin (15/7).

Dia mengatakan lahan gambut milik warga yang terbakar di Desa Prambatan tersebut berada di samping perkebunan sawit milik PT Golden Blossom Sumatra (GBS). Api pertama kali muncul pada pukul 09.00, Sabtu (13/7). Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD PALI bersama TNI dan Tim PT GBS terus berjibaku memadamkan api.

Petugas melakukan pemblokingan api sebelum berhenti melakukan pemadaman pada hari menjelang malam. Keesokan harinya, Minggu (14/7), upaya pemadaman dilanjutkan kembali.

"Pemadaman terkendala tebalnya gambut sehingga tim darat kesulitan memadamkan api. Tim gabungan dengan jumlah 50 orang terus melakukan pemadaman hingga akhirnya pukul 17.00 api berhasil dipadamkan. Hingga pagi ini proses pembasahan terus dilakukan agar tidak lagi muncul api," ujar dia.

Upaya pemadaman berhasil dilakukan karena jarak air bersumber dari kanal terdekat sehingga petugas tidak kehabisan air untuk upaya pemadaman serta dibentuk delapan unit mobil pompa BPBD serta 6 unit mobil pompa PT GBS.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Selenggarakan Lokakarya Manajemen Jaringan Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Selenggarakan Lokakarya Manajemen Jaringan

15 Agustus 2019, 02:42:08

Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Belajar Mikrotik yang menyediakan sarana praktek berupa perangkat Mikrotik menyelenggarakan lokakarya "Network Management" di laboratorium FIK, Rabu (14/8/2019). Kegiatan ini dengan instruktur Benediktus Anindito, S.Kom, M.MT (dosen FIK bidang keahlian jaringan komputer) yang didukung pula oleh Axelbit dan Kelompok Linux Arek Surabaya (KLAS). Lokakarya ini digelar sekaligus sebagai tindak lanjut dari ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas BandaraHong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Jokowi Segera Putuskan Larangan Ekspor Bijih Mineral
17 Agustus 2019, 09:00:00

Jokowi Segera Putuskan Larangan Ekspor Bijih Mineral Jakarta -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan keputusan akhir tentang larangan ekspor bijih mineral atau ore. Sebelumnya, pemerintah sempat menyebutkan bakal .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKIJakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasiluji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....