go green
Recent Issues

Warga Malaysia Tak Terima Pulaunya Direbut Singapura

Warga Malaysia Tak Terima Pulaunya Direbut Singapura

13 Mei 2013, 09:46:22

Wahyu Dwi Anggoro - Okezone
Patroli Laut Singapura (Foto: spf.gov.sg)
KUALA LUMPUR – Warga Malaysia hingga kini tidak terima salah satu pulaunya direbut oleh Singapura. Tahun 2008 lalu, Malaysia dikalahkan Singapura dalam perebutan Pulau Pedra Branca di Mahkamah Internasional.

“Pulau tersebut lokasinya lebih dekat ke wilayah Malaysia, seharusnya pulau itu menjadi milik kita,” ujar seorang warga Malaysia, Ramli bin Mustapha, seperti dikutip Asahi Shimbun, Minggu (14/4/2013).

Nelayan Malaysia pun mengeluhkan keputusan Mahkamah Internasional tersebut. Mereka mengaku kini tidak bisa lagi berlayar ke dekat wilayah Pulau Pedra Branca.

“Sebelumnya saya suka membawa turis untuk berlayar di dekat pulau itu, kini saya selalau diusir oleh petugas patroli Singapura ketika mencoba mendekat,” cerita salah satu nelayan di wilayah Johor, Malaysia.

Malaysia mengklaim Pulau Pedra Branca karena menganggapnya sebagai bagian dari wilayah Kesulatanan Johor di masa lalu. Malaysia sendiri menyebut pulai itu dengan nama Pulau Batu Puteh.

Namun klaim Malaysia dipatahkan Singapura dalam persidangan di Mahkamah Internasional. Singapura menunjukkan dokumen yang dikirim Kesultanan Johor ke Pemerintah Inggris tahun 1953 silam. Dalam dokumen itu, penguasa Johor menyatakan Pulau Pedra Branca bukanlah bagian dari wilayahnya.
(ade)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

28 Januari 2020, 06:04:01

Rektor Universitas Narotama (UN) Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/1/2020) siang. Rektor beserta pejabat struktural Universitas Narotama antara lain Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Aryo Nugroho, S.Kom, MT (Dekan Fasilkom) dan Elok Damayanti, SE, MM (Kabag Kerjasama Dalam Negeri) diterima langsung oleh ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan
29 Januari 2020, 09:00:01

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan Jakarta -- Penyidik Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Banjarbaru menetapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin berinisial GM sebagai tersangka dugaan kasus pencabulan. "Penetapan tersangka dilakukan penyidik usai gelar perkara .....

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika
28 Januari 2020, 09:00:26

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika

Tokopedia tengah menyelesaikan tahap akhir dari penggaetan investor untuk putaran pendanaan mereka. Mengutip Financial Times, penggalangan dana seri G ini diperkirakan jadi pengumpulan dana terakhir perusahaan ecommerce itu sebelum melepas saham perdana atau Initial .....