go green
Recent Issues

Tokopedia Akui Sulit Kontrol Peredaran Ponsel Ilegal

Tokopedia Akui Sulit Kontrol Peredaran Ponsel Ilegal

21 Juli 2019, 09:00:10

Tokopedia mengakui kesulitan untuk mengontrol peredaran produk ilegal, khususnya ponsel ilegal. Pasalnya, platform Tokopedia bersifat user generated content (UGC) alias para penggunalah yang mengunggah konten.

Head of Category Browse & Content Tokopedia Cynthia Limin menjelaskan meskipun sulit, Tokopedia secara proaktif melakukan pemblokiran pada produk llegal.
"Sebenarnya untuk produk-produk ilegal karena memang kami marketplace jadi kebanyakan adalah konten UGC. Tapi kami juga proaktif take down dan menyediakan fasilitas agar pengguna bisa melaporkan produk ilegal," ujar Cynthia usai peluncuran fitur `Tukar Tambah` di kantor Tokopedia, Jakarta Selatan, Jumat (18/7).

Cynthia mengatakan Tokopedia patuh dan menyesuaikan terhadap peraturan pemerintah terkait validasi IMEI. Menurutnya, Tokopedia bahkan membantu pemerintah untuk mendata ponsel-ponsel dengan IMEI legal.
"Di Tokopedia sebagai platform kita sebenarnya comply kalau dengan peraturan pemerintah," ujar Cynthia.

Cynthia mengatakan dalam fitur `Tukar Tambah`, penjual ponsel lama harus memasukkan nomor IMEI sebelum Tokopedia menaksir harga ponsel tersebut.
"Tukar tambah ini membantu pemerintah dari segi IMEI-nya karena ada pengecekan IMEI, kemudian kami lakukan Know Your Customer (KYC) bagi setiap orang yang melakukan tukar tambah. jadi kita melihat siapa saja yang melakukan tukar tambah dan kita simpan datanya," katanya.

Sebelumnya, Tokopedia bekerja sama dengan situs tukar tambah Laku6 baru saja meluncurkan fitur `Tukar Tambah` yang membuat pengguna bisa menukar ponsel lama dengan yang baru.
Mengandalkan kecerdasan buatan dan AI milik Laku6, harga ponsel bisa ditaksir secara online di aplikasi. Kemudian harga ponsel lama akan mengurangi harga ponsel baru.






Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Kemenristekdikti Tetapkan Universitas Narotama Peringkat 83 PTN dan PTS se-Indonesia Kemenristekdikti Tetapkan Universitas Narotama Peringkat 83 PTN dan PTS se-Indonesia

20 Agustus 2019, 00:37:16

Universitas Narotama (UNNAR) memperoleh kado istimewa pada malam menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia dalam Siaran Pers Nomor: 147/SP/ HM/BKKP/VIII/2019 tanggal 16 Agustus 2019, mengumumkan bahwa UNNAR menempati peringkat 83 (100 besar) dari 4.000 lebih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia. Peringkat 83 (PTN-PTS) ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas BandaraHong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Kawasan Hutan di Lereng Gunung Merapi Terbakar
20 Agustus 2019, 09:00:00

Kawasan Hutan di Lereng Gunung Merapi Terbakar Jakarta -- Kawasan hutan lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (18/8) malam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan berdasarkan informasi .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKIJakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasiluji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....