go green
Recent Issues

Grup Calo PS5 Terbongkar, Diduga Bikin Langka Stok

Grup Calo PS5 Terbongkar, Diduga Bikin Langka Stok

28 November 2020, 09:00:01

Jakarta
Aksi Kelompok calo CrepChiefNotify yang berbasis di Inggris memborong stok PlayStation 5 untuk dijual kembali diduga menjadi penyebab stok PS5 di Eropa langka.

Tak tanggung-tanggung, mereka memborong lebih dari 3.500 konsol. Akibatnya, pembeli ini saat kesulitan mendapatkan konsol tersebut di pasaran.

Playstation 5 yang sudah diborong ini lantas dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Mereka menjual PS5 standar seharga 750 poundsterling, lebih mahal dari harga asli senilai 600 poundsterling.


Meski demikian, juru CrepChiefNotify menyebut mereka telah berhasil menjual 2.472 konsol PS5 bulan ini.

Bukan cuma menjual lebih mahal, tapi pelanggan yang ingin membeli produk di situs kelompok calo ini harus membayar biaya langganan. Biaya langganan ini mulai dari 29.99 hingga 399,99 poundsterling.

Pengguna berbayar akan mendapat akses pembelian produk yang sangat dicari, mereka juga bisa menjualnya kembali. Seringkali mereka mendapat keuntungan yang lumayan dari penjualan itu.

Tak cuma itu, kelompok ini juga mempromosikan agar orang-orang menjadi anggota situs mereka, agar menjadi "reseller" PS5. Mereka mengiming-imingi keuntungan instan 100 poundsterling jika warganet menjadi reseller mereka.

Namun, ternyata aksi kelompok ini mendapat tanggapan negatif dari konsumen yang kesulitan mendapat konsol itu. Sebab, hampir semua peritel kehabisan stok PS5 bulan ini di Eropa.

Selain itu, kelompok calo CrepChiefNotify bukan satu-satunya. Manajer kelompok ini, Tom (33), menyebut kelompok mereka juga bersaing dengan kelompok lain untuk mendapatkan stok PS5.

Melansir Business Insider, Tom lantas membeberkan bagaimana mereka bisa mengumpulkan PS5 sebanyak itu. Berdasarkan penuturannya, mereka menggunakan perangkat lunak bot untuk mengakali antrean pembelian PS5 secara online. Bot ini juga bakal dikerahkan begitu kelompok mereka mendeteksi situs distributor PS5 yang membuka stok.

Canggihnya, bot-bot ini bisa menyelak antrian online. Mereka juga bisa menyelesaikan pembayaran lebih cepat dari para pembeli manusia. Sehingga, potensi mereka mendapatkan PS5 lebih besar.

Namun, sumber Video Games Chronicle, malah menolak kalau mereka disebut menggunakan bot untuk mengumpulkan 3500 konsol PS5.

"Kami memang mendapat keuntungan dengan pengetahuan dan kemampuan pengawasan kami, tapi itu semua sudah dipersiapkan...anggota kami sudah diberitahu untuk melakukan pembelian," tuturnya.

Bahkan ketika Sony membuka pre order, anggota calo PS5 ini sudah bersiap dan berhasil mengamankan 1000 konsol dalam sehari. Ketika hari perilisan, mereka berhasil mengamankan 2.472 konsol dalam sehari.

"Kami mempersiapkan grup, menginformasikan semua orang, dan bersiap. Ketika hari peluncuran, semua anggota bergerak, 2.472 konsol diamankan, tidak dengan bot seperti diberitakan media, semua dilakukan manual," tuturnya.

Playstation 5 (PS5) akan meluncur di Indonesia pada 22 Januari 2021 dengan harga yang dibanderol lebih mahal dari harga global.

Seperti versi global, PS5 versi Indonesia akan tiba dengan varian standar dan digital. Varian standar hadir dengan slot Blu-ray Disc, sementara varian digital tanpa slot itu sehingga harus mengunduh game.

PS5 digital di global dijual dengan harga US$400 atau sekitar Rp5,9 juta, sementara PS5 standar dijual dengan harga US$500 atau sekitar Rp7,4 juta.

Sementara di Indonesia versi standar akan dibanderol dengan harga Rp8,8 juta, sedangkan versi digital dijual dengan harga Rp7,3 juta.

Keran penjualan pre-order konsol buatan Sony generasi terbaru itu akan dimulai pada 18 Desember 2020.

Harga ini merupakan harga rekomendasi retail dari Sony Interactive Entertainment Singapore Private Limited (SIES). Ada kemungkinan perbedaan harga, sebab setiap distributor akan menetapkan harga masing-masing.

Meski pengguna memesan pada 18 Desember 2020, PS5 baru akan mulai dikirimkan pada 22 Januari 2021. Untuk memesan PS5, Sony memberikan daftar distributor retail yang membuka pre-order di tautan ini.

Kedua model PS5 menggunakan prosesor khusus yang sama dengan CPU dan GPU terintegrasi untuk grafis dengan ketepatan tinggi hingga 4K.



sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Dosen Universitas Narotama Raih Gelar Doktor Teknik Sipil UB Dosen Universitas Narotama Raih Gelar Doktor Teknik Sipil UB

20 Januari 2021, 17:59:26

Ir. Adi Prawito, MM, MT, dosen Program Studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama (UN) berhasil meraih gelar doktor. Adi Prawito lulus dengan predikat Sangat Memuaskan setelah menjalani ujian terbuka pada Program Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Rabu 20 Januari 2020. Disertasi yang ditulis Adi Prawito untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar doktor berjudul “Modifikasi MPM untuk ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang
17 Januari 2021, 09:00:00

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang Jakarta -- Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat agar tak tertipu dengan penipuan lelang. Sebab, sejauh ini masih ada beberapa modus penipuan lelang yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Direktur .....

2 Kandidat CEO Ferrari Usai Louis Camileri Mundur
16 Desember 2020, 09:00:00

2 Kandidat CEO Ferrari Usai Louis Camileri Mundur Jakarta, Apple Luca Maestri dan mantan kepala desainer Apple Jony Ive dikabarkan menjadi dua kandidat untuk mengisi jabatan kosong CEO Ferrari yang ditinggalkan Louis Camileri. Camileri mendapatkan jabatan itu pada 2018 .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....