go green
Recent Issues

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu

26 Mei 2019, 09:00:01

Security Technical Consultant Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengatakan masih banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan melalui tautan (link) phising. Hal ini terjadi lantaran masyarakat tidak memperhatikan alamat situs tipu-tipu, seperti kasus iklan scam yang mengatasnamakan toko furnitur Ikea.
"Yang sudah pasti kalau situs blogspot itu sudah tidak bisa dipercaya, misal klik salah satu situs e-commerce lalu tiba-tiba di-direct ke blogspot. Itu sudah tidak benar," kata Yudhi kepada awak media di Harris Cafe, Jakarta, Rabu (15/5).
"Kan yang terakhir lagi ramai soal Ikea di Instagram, itu soal phising. Masyarakat tidak perhatikan domain Ikea itu."

Yudhi sempat mencontohkan bagaimana cara kerja pelaku ketika melakukan aksi penipuan. Biasanya, pelaku berhasil menguasai alamat surel salah satu pejual e-commerce.
Setelah menguasai alamat surel penjual, pelaku akan memasukkan barang-barang yang diincar pelanggan. Di sisi lain, pelanggan tidak teliti dengan alamat situs sehingga membuat pelanggan mudah bertransaksi melalui link phising tersebut.
Yudhi mengungkapkan kecurigaan lain dari kasus penipuan link phising ini yakni pola komunikasi yang dilakukan penjual dengan pembeli. Berbeda dengan yang dilakukan oleh toko resmi, Ikea.
"Kalau kita order di e-commerce mana pun semua data pelanggan pasti ada di penjual untuk melakukan komunikasi. Yang dilakukan pelaku ini berkomunikasi via WhatsApp," sambungnya.
Menurutnya, pola komunikasi langsung antara penjual yang mengatsnamakan penjual bukan menjadi tanggung jawab perusahaan e-commerce tersebut.
Yudhi menambahkan, saat ini perusahaan e-commerce di Indonesia telah mengimbau para pelanggannya untuk tidak melakukan komunikasi secara pribadi kepada penjual.
"Di semua e-commerce kan suda diimbau jangan pernah komunikasi langsung, jangan pernah transfer langsung ke nomor rekening seller. Semua e-commercesudah mengimbau, hal yang begini kita harus aware juga," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang pengguna Adrianus F. Tumewu membuat konten Instagram Stories yang menunjukkan kalau ada iklan promo Ikea palsu yang tampil di Instagram. Iklan itu memberikan iming-iming diskon hingga 50 persen produk membel Ikea.
Mereka bahkan menipu dengan membuat situs yang mirip dengan situs Ikea. Namun, ada beberapa hal yang janggal dari situs itu. Pertama dari URL atau alamat situs www.ikea-id.com sementara alamat situs asli adalah www.ikea.co.id.
Selain itu, situs palsu itu juga dirancang khusus untuk pengguna ponsel sehingga tampilan situs akan berantakan ketika dibuka di laptop. Adrianus bahkan mengecek ke situs hosting untuk menemukan kapan alamat www.ikea-id.com dibuat. Diketahui alamat itu baru didaftarkan 7 Maret 2019.



Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Civitas Akademika UNNAR Gelar Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 Civitas Akademika UNNAR Gelar Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74

19 Agustus 2019, 01:44:17

Civitas akademika Universitas Narotama (UNNAR) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 dengan menggelar Upacara Bendera pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 07.00-07.30 WIB di halaman depan kampus Jl. Arief Rachman Hakim 51 Surabaya. Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Rektor UNNAR Dr. Arasi Alimudin, SE, MM. Peserta upacara terdiri dari para pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas BandaraHong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Intip Strategi Menabung Valas bagi Generasi Milenial
19 Agustus 2019, 09:00:02

Intip Strategi Menabung Valas bagi Generasi Milenial Jakarta -- Valuta asing (valas) kerap menjadi kebutuhan masyarakat, terutama bagi generasi milenial yang gemar melancong ke luar negeri atau berencana memperoleh pendidikan berskala internasional. Untuk menjawab kebutuhan itu, sejumlah bank .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKIJakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasiluji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....