go green
Recent Issues

Mulai Januari 2019, Jepang Terapkan Pajak untuk Pengunjung

Mulai Januari 2019, Jepang Terapkan Pajak untuk Pengunjung

04 Januari 2019, 09:00:10

Tokyo: Mulai 7 Januari 2019, seluruh pengunjung yang akan meninggalkan Jepang diharuskan membayar retribusi sebesar 1.000 Yen atau setara dengan Rp135 ribu.

"Jepang akan mulai memungut pajak untuk setiap orang yang meninggalkan negara itu dengan pesawat atau kapal tanpa memandang kewarganegaraan," sebut pernyataan dari Pemerintah Jepang, dikutip dari Strait Times, Kamis 3 Januari 2019.
Di bawah undang-undang yang telah ditetapkan sejak April 218 ini, retribusi akan dikumpulkan setiap kali seseorang meninggalkan Jepang. Biaya ini dijadikan satu dengan tiket pesawat, kapal atau biaya perjalanan lainnya.

Sementara itu, pengunjung yang hanya transit di Jepang dan anak-anak di bawah dua tahun akan dibebaskan dari pajak tersebut.

Menurut Japan Times, pemerintah memutuskan memungut pajak dari pengunjung untuk mengakomodasi lebih para turis, seperti mengembangkan pariwisata dan meningkatkan prosedur imigrasi.

Misalnya, dana pajak tersebut akan digunakan untuk membuat gerbang scan wajah di bandara untuk proses imigrasi yang lebih cepat dan membuat papan informasi multibahasa.

Jumlah pengunjung ke Jepang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir yaitu mencapai 30 juta selama 2018. Pemerintah juga bertujuan meningkatkan jumlah wisatawan asing hingga 40 juta pada 2020, saat diselenggarakannya Olimpiade.

Sumber: metronews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur

24 Februari 2020, 01:50:17

Program studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti 40 tim sekolah SMA dan SMK se Jawa Timur. Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020. Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor
23 Februari 2020, 09:00:29

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor Jakarta, Pakar keamanan siber dari CISSReC Doktor Pratama Persadha menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menjaga keamanan data Sensus Penduduk 2020, mengingat ada potensi terjadi kebocoran data seperti di Ekuador, .....