go green
Recent Issues 2 Juta Muslim Ngumpul di Makkah, Jamaah Haji: Saya Amat Senang 2 Juta Muslim Ngumpul di Makkah, Jamaah Haji: Saya Amat Senang

29 Agustus 2017, 03:12:26

JEDDAH - Sekira 2 juta umat Islam dari seluruh dunia saat ini tengah berada di Makkah, Arab Saudi, untuk melaksanakan ibadah haji. Para jamaah berkumpul untuk menunaikan rukun Islam kelima di tempat suci bagi umat Islam tersebut.

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, para jamaah dari Indonesia juga turut memenuhi Kota Makkah tahun ini. Mereka yang berhasil sampai di kota tersebut tentunya merasa senang. Pasalnya, tak semua orang bisa menginjakkan kaki di tempat suci tersebut. Hal ini dirasakan oleh Eni, salah satu jamaah asal Indonesia. Ia mengaku senang dapat menjalankan ibadah yang diimpi-impikan seluruh umat Islam tersebut.

"Saya sangat senang karena banyak orang bermimpi datang ke tempat ini," kata Eni dengan raut wajah gembira, sebagaimana dikutip dari The Straits Times, Selasa (29/8/2017).

Bahkan, wanita berusia 47 tahun itu merasa lebih religius setelah meninggalkan tempat tersebut. Hal ini dikarenakan ibadah yang terus-menerus dilakukan para jamaah selama berada di sana.

"Kami merasa lebih religius saat meninggalkan tempat ini," katanya.

BACA JUGA: Innalillahi.. Ini Daftar 12 Jamaah Haji Indonesia yang Wafat di Madina

Saking senangnya, para jamaah mengaku menjalankan ibadah dengan serius dan penuh semangat. Begitu pula dengan Eni, karena terlalu serius, ia bahkan tak menyadari keriuhan puluhan ribu jamaah yang mengelilinginya saat tengah membaca Alquran.

Meski keringat terus mengucur di wajah dan seluruh tubuhnya karena teriknya matahari, ia tetap khusyuk menjalankan ibadah. Eni yang pernah menjalankan ibadah haji sebelumnya, mengaku selalu merindukan tempat suci tersebut.

"Setelah ibadah haji pertama saya, saya merasa ingin kembali merasakan diri saya dekat dengannya (Nabi Muhammad SAW)," tuturnya.

Tak hanya Eni, Mohammed Said, juga mengaku senang bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Jika bisa dan diperbolehkan, warga negara Nigeria itu bahkan ingin melaksanakan ibadah haji setiap tahun.

"Saya ingin melakukannya setiap tahun jika saya mampu membayarnya," tambah Said.

BACA JUGA: 7 Hal Langka yang Akan Terjadi pada Haji 2017

Tahun ini merupakan ibadah haji ketiga Said. Ia mengaku selalu mendapat hal yang berbeda setiap kali menjalankan ibadah. Begitu pula dengan ibadah kali ini, menurutnya sangat berbeda dengan yang pertama kali ia jalankan.

Menurut Zeghidour, seorang penulis, hal tersebut mungkin dirasakan Said karena pergi haji membawa jamaah ke tingkat yang berbeda. Mereka yang datang dari berbagai negara dan latar belakang tersebut dapat melupakan kehidupan di rumah saat melangsungkan ibadah. Hal itu karena para jamaah harus berlari, bergerak, dan melakukan beberapa hal lain saat beribadah. Para jamaah pun dapat melupakan sejenak masalah yang tengah dialami.

"Jadi secara fisik dan mental menuntut agar dia tidak sempat memikirkan krisis di Teluk. Baginya ini adalah sastra. Banyak jamaah datang dari Asia atau Afrika, jauh dari Timur Tengah, dan mereka datang ke tempat di mana mereka bisa mencoba melupakan kehidupan mereka di rumah," tukasnya. (DJI)

(rfa)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Seminar Masa Depan Berkumpul dan Berserikat dalam UU Ormas Seminar Masa Depan Berkumpul dan Berserikat dalam UU Ormas

16 November 2017, 01:30:27

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) menjadi Undang-Undang melalui Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2017). Namun pengesahan Perppu Ormas menjadi UU Ormas tersebut masih terjadi pendapat yang pro dan kontra baik oleh anggota fraksi di DPR maupun masyarakat. Fakultas Hukum Universitas Narotama (UNNAR) menyikapi pendapat pro dan kontra tersebut dengan menyelenggarakan seminar `Masa Depan Berkumpul dan Berserikat dalam Undang-Undang Organisasi Masyarakat` yang berlangsung di Conference Hall UNNAR pada Senin, 13 November 2017. Narasumber adalah Prof. Yuzuru Shimada (Graduate School of International Development, Nagoya University, [...]

Selengkapnya        print  word  pdf

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Menaker Adakan Pelatihan Usaha Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Menaker Adakan Pelatihan Usaha
17 Oktober 2017, 04:27:57

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengajak seluruh dunia usaha lebih optimal memberdayakan masyarakat, dengan memberikan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan dapat membantu perkembangan bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah .....
     
  • Dinilai Tak Optimal, Dana Desa Ternyata Belum Menyentuh Warga Pelosok
  • Mati Suri! 103 Koperasi Segera Ditutup
  • Terungkap! Penggunaan Pupuk Berlebihan Penyebab Mahalnya Harga Beras di RI
  • Harga Pangan Hari Ini, Bawang Putih Dijual Rp55.781/Kg
  • Harga Ayam Kembali Jatuh karena Pasokan Melimpah
  • ....... Berita Lainnya
  •             www.narotama.ac.id

    Calculating page load time...