go green
Recent Issues

Investor Saham Pindah ke Kripto? Ini Buka-bukaan Bos Bappebti

Investor Saham Pindah ke Kripto? Ini Buka-bukaan Bos Bappebti

21 April 2021, 09:00:00

Jakarta - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan angkat bicara mengenai maraknya investor di pasar modal yang kini lebih condong terhadap sejumlah aset kripto (cryptocurrency) mulai dari bitcoin, ripple, ethereum dan lainnya.

Lantas, apakah benar demikian?

"Berdasarkan data transaksinya, sebenarnya kurang tepat," kata Kepala Bappebti Sidharta Utama dalam program Investime CNBC Indonesia, dikutip Selasa (20/4/2021).

Sidharta mengemukakan nilai transaksi harian aset kripto lebih kecil dibandingkan pasar saham. Per Februari, nilai transaksi harian kripto hanya Rp 1,5 triliun, sementara di pasar saham rata-rata hariannya bisa mencapai Rp 15 triliun.

Pun demikian jumlah investor di aset kripto. Data Bappebti mencatat, total investor aset kripto per Februari mencapai 4,2 juta, sementara investor khusus di pasar saham mencapai 4,5 juta pada periode yang sama.

"Karena kripto ini produk dari luar negeri. Dengan demikian, pembentukan harganya dibentuk secara global," katanya.

Sidharta menegaskan aset kripto dan saham merupakan produk investasi yang berbeda. Menurutnya, aset kripto sejatinya bisa menjadi sarana diversifikasi produk investasi.

"Jadi selain melakukan investasi di deposito, atau surat berharga pemerintah, atau obligasi, ini ada investasi lainnya yaitu aset kripto," tegasnya.

Dia mengatakan bahwa aset kripto merupakan alat investasi yang relatif baru, sehingga baru dimulai perdagangannya dalam beberapa tahun terakhir dan diprediksi akan terus meningkat ke depan.

"Aset kripto sendiri itu merupakan produk investasi yang berbeda dari produk investasi pasar modal. Dengan demikian, kedua alternatif investasi ini saling melengkapi bukan substitusi [bukan saling menggantikan]. Kekhawatiran itu saya kira tidak terlalu benar-benar terjadi," kata pengajar di FEB Universitas Indonesia (UI), Full Professor FEB UI, dan Sekretaris Majelis Wali Amanat UI ini.

Sumber : cnbcindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Kesempatan Mahasiswa Universitas Narotama Bergabung di Apple Developer Academy 2022 Kesempatan Mahasiswa Universitas Narotama Bergabung di Apple Developer Academy 2022

08 Mei 2021, 11:29:47

Suatu kesempatan bagi mahasiswa Universitas Narotama (UN) Surabaya untuk bergabung di Apple Developer Academy 2022. Perusahaan IT kelas dunia tersebut telah mengundang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dalam acara Introduction Session Apple Developer Academy secara virtual pada Rabu, 5 Mei 2021 pukul 10.00 WIB via Zoom. Untuk bergabung di Apple Developer Academy 2022, mahasiswa dapat dengan mendaftar di https://bit.ly/apply_academy. Mahasiswa ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula
09 Mei 2021, 09:00:00

Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula Jakarta -- Facebook tak sekadar dimanfaatkan untuk kebutuhan berjejaring sosial. Kemampuannya menjangkau pengguna secara luas menjadikan Facebook sebagai peluang bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan baru dan memasarkan produk. Untuk meningkatkan potensi .....

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan
06 Mei 2021, 09:00:41

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan Jakarta, -- Sejumlah pemerhati pendidikan mengkritik hingga membantah pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang mengaku telah melakukan sejumlah terobosan dalam bidang pendidikan setelah hampir dua .....