go green
Recent Issues

Kemendikbud Ingatkan Pemburu Harta Karun Harus Izin Nadiem

Kemendikbud Ingatkan Pemburu Harta Karun Harus Izin Nadiem

06 Maret 2021, 09:00:02

Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan pemanfaatan dan perburuan harta karun atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) bawah laut di Indonesia oleh investor asing harus mendapat izin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Kalau dia (investor) mengangkat itu (harta karun), intinya kepada menteri pendidikan dan kebudayaan yang menangani kebudayaan izin dulu. Nanti ada arahan-arahannya," kata Pelaksana tugas Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbud Fitra Arda kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/3).

Fitra menjelaskan prosedur tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Ia mengatakan ketika investor mengajukan izin mengeruk BMKT, Kemendikbud akan menelusuri lokasi dan asal benda tersebut.

Jika benda diduga memiliki nilai sejarah yang berpotensi menjadi cagar budaya, Kemendikbud mengharuskan penelitian dilakukan sebelum benda bisa dimanfaatkan investor.

Penelitian itu akan melibatkan berbagai ahli. Tujuannya untuk mengetahui asal benda dan nilai sejarah dari benda tersebut. Setelah penelitian rampung, benda akan diberikan sertifikat sebagai cagar budaya dan dicatat oleh negara.

Sumber :cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FIK Universitas Narotama Mengadakan Bhakti Sosial ke Yayasan Darul Mustofa Kelurahan Tunjung, Burneh – Bangkalan Mahasiswa FIK Universitas Narotama Mengadakan Bhakti Sosial ke Yayasan Darul Mustofa Kelurahan Tunjung, Burneh – Bangkalan

20 April 2021, 11:22:16

Sebanyak 14 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) dan Prodi Teknik Informatika (TI) – Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan kunjungan dan bhakti sosial ke Yayasan Darul Mustofa di Jalan KH Moh Cholil Gg I, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Rabu (07/04/2021). Rombongan mahasiswa dari Universitas Narotama tersebut ditemui langsung oleh KH Umar Farouq ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur
20 April 2021, 09:00:01

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur Jakarta -- Sukses jadi super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek kembali melakukan inisiatif untuk memberdayakan anak muda, khususnya di kawasan Indonesia timur dengan memanfaatkan teknologi. Kali ini Gojek meluncurkan program Muda .....