go green
Recent Issues

Cara Blokir SMS Pinjaman dan Tipu-tipu yang Mengganggu

Cara Blokir SMS Pinjaman dan Tipu-tipu yang Mengganggu

17 Mei 2021, 09:00:55

Jakarta -- Terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk memblokir SMS spam berisi tawaran pinjaman atau SMS undian tipu-tipu yang tidak diinginkan memang kerap menjengkelkan.

Selain menyita memori, pesan teks spam kemungkinan besar mencoba menipu atau mengakses informasi pribadi.

Sebagian besar pesan teks spam tidak datang dari telepon lain. Pesan tersebut sering kali berasal dari komputer dan dikirimkan ke ponsel targetnya, tanpa biaya ke pengirim, melalui alamat email atau akun perpesanan instan.

Anda dapat mengurangi pesan teks yang tidak diinginkan dan membantu mencegahnya muncul di ponsel dan perangkat seluler lainnya.

Berikut hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menangani teks spam dan cara menghentikan teks spam untuk selamanya.

1. Jangan langsung membalas
Jangan membalas pesan teks spam secara langsung, sebab hal ini membuat pelaku spam mengetahui bahwa nomor Anda asli. Apa yang terjadi selanjutnya? Mereka dapat menjual nomor telepon Anda ke pengirim spam lain yang mungkin membombardir Anda dengan janji hadiah gratis dan penawaran produk.

2. Perlakukan informasi pribadi seperti uang
Pesan teks spam dapat memikat Anda untuk mengungkapkan informasi pribadi seperti berapa banyak uang yang dimiliki, berapa banyak berutang pada bank, nomor Jaminan Sosial, dan detail kartu kredit.

Sebagian besar perusahaan yang sah tidak meminta informasi pribadi seperti kata sandi, detail akun, dan detail pribadi lainnya melalui pesan teks. Sehingga, cari nomor telepon perusahaan, hubungi mereka, dan verifikasi apakah ada permintaan yang sah. Jangan hubungi nomor yang mengirim pesan teks itu.

3. Jangan klik tautan apa pun dalam pesan teks
Mengklik link dalam pesan teks spam dapat menginstal malware yang dapat mengumpulkan informasi dari ponsel Anda. Link itu juga dapat membawa Anda ke situs spoofing yang terlihat nyata tetapi dirancang untuk mencuri informasi.
Malware juga dapat memperlambat kinerja ponsel dengan menghabiskan ruang di memori ponsel. Setelah pelaku spam mendapatkan informasi Anda, informasi itu dapat dijual ke pemasar atau lebih buruk lagi ke pencuri identitas .

Malware juga dapat menyebabkan tagihan yang tidak diinginkan pada tagihan ponsel Anda. Operator nirkabel mungkin mengenakan biaya untuk menerima pesan teks, terlepas dari apakah Anda memintanya.

4. Lakukan review tagihan ponsel secara teratur
Sebaiknya periksa tagihan telepon Anda secara teratur untuk memastikan jumlahnya benar. Jika ada tagihan yang tidak beres, hubungi perusahaan telepon dan cari tahu apakah Anda menerima atau mengirim pesan spam dari ponsel Anda.

5. Periksa pengaturan ponsel
Ponsel Anda mungkin memiliki fitur bawaan untuk membantu memblokir panggilan dan pesan teks yang tidak diinginkan. Ketik “blok” menggunakan fungsi pencarian perangkat Anda.

Untuk ponsel Android, cari tiga titik di pojok kanan atas pesan teks Anda. Klik di atasnya dan pilih “Orang” dan “Opsi”. Selanjutnya, pilih “Blokir” untuk berhenti menerima pesan teks spam dari nomor itu.

Untuk iPhone, klik “i” di pojok kanan atas pesan teks spam. Selanjutnya, klik nomor tersebut dan pilih “Blokir”.

6. Pakai Aplikasi Pemblokir
Terdapat sejumlah layanan aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk memblokir SMS spam.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan: Nomorobo, Hiya, Robokiller, YouMail, Truecaller, dan TrapCall, seperti dikutip dari Norton.

7. Adukan ke Kominfo
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka layanan aduan nomor telepon yang ,melakukan penipuan atau dianggap menyebar pesan sampah (spam) dan meresahkan.

Pelanggan yang merasa mendapat SMS dan telepon penipuan bisa mengadukan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI. Setelah diadukan, nomor tersebut akan diblokir oleh BRTI.

Layanan SMS atau telepon yang dapat diadukan adalah pesan yang tidak dikehendaki seperti permintaan untuk segera mengurus pembayaran atau transaksi tertentu, permintaan untuk mentransfer uang, pemberitahuan bahwa Anda menjadi pemenang kuis atau undian tertentu.

Untuk melakukan pengaduan bisa dilakukan dengan langkah berikut:
1. Pelapor merekam percakapan, memotret, atau menangkap layar (screenshot) pesan tipu-tipu atau spam.
2. Adukan foto tersebut dan rekaman suara ke @aduanBRTI.
3. Petugas lakukan verifikasi dan analisis
4. Petugas BRTI memberitahu ke operator nomor yang diadukan agar diblokir
5. Operator telekomunikasi melakukan pemblokiran dalam tempo 1x24 jam.
6. Operator memberitahu BRTI soal tindak lanjut pemblokiran lewat sistem Smart PPI.
7. Jika ternyata nomor yang dilaporkan tidak terkait penipuan maka nomor yang diblokir dapat melapor ke BRTI.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

08 Juni 2021, 13:51:46

Sejak Rabu (2/6/2021), suasana Ruang Rapat Gedung D Universitas Narotama (UN) Surabaya selalu terlihat banyak orang beraktivitas. Mereka secara marathon sedang menyusun Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk semua program studi (prodi) yang ada di lingkungan Universitas Narotama. Kegiatan yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM ini melibatkan berbagai unit ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah
11 Juni 2021, 09:00:04

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah Jakarta, -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk mengatur siapa saja guru yang dapat mengajar pada pembelajaran tatap muka disekolah. Hal ini menyusul permintaan .....