go green
Recent Issues

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas 1.500 Meter ke Barat Daya

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas 1.500 Meter ke Barat Daya

25 Februari 2021, 09:00:52

Jakarta -- Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali memuntahkan awan panas pada Kamis (25/2).

"Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 25 Februari 2021 pukul 16.52 WIB," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humauda dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2).

Berdasarkan data seismogram, awan panas guguran ini terjadi dengan amplitudo 37 mm dan berdurasi 115 detik.

Tinggi kolom awan panas tidak teramati. Sebab, saat kejadian puncak Gunung Merapi sedang dalam kondisi berkabut.

"Estimasi jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya," ucap Hanik.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan pada pukul 06.00 hingga 12.00, teramati empat kali guguran lava dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

Sampai saat ini, status Gunung Merapi diketahui berada di Level III atau waspada. Dengan status ini, masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km.

Sedangkan untuk lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 Km dari puncak.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FIK Universitas Narotama Mengadakan Bhakti Sosial ke Yayasan Darul Mustofa Kelurahan Tunjung, Burneh – Bangkalan Mahasiswa FIK Universitas Narotama Mengadakan Bhakti Sosial ke Yayasan Darul Mustofa Kelurahan Tunjung, Burneh – Bangkalan

20 April 2021, 11:22:16

Sebanyak 14 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) dan Prodi Teknik Informatika (TI) – Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan kunjungan dan bhakti sosial ke Yayasan Darul Mustofa di Jalan KH Moh Cholil Gg I, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Rabu (07/04/2021). Rombongan mahasiswa dari Universitas Narotama tersebut ditemui langsung oleh KH Umar Farouq ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur
20 April 2021, 09:00:01

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur Jakarta -- Sukses jadi super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek kembali melakukan inisiatif untuk memberdayakan anak muda, khususnya di kawasan Indonesia timur dengan memanfaatkan teknologi. Kali ini Gojek meluncurkan program Muda .....