go green
Recent Issues

Indonesia Punya 17 Lab Pendeteksi Mutasi Corona

Indonesia Punya 17 Lab Pendeteksi Mutasi Corona

10 April 2021, 09:00:34

Jakarta -- Kementerian Kesehatan mengungkap hanya ada 17 laboratorium yang bisa digunakan untuk mendeteksi mutasi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Kemenkes mengatakan jumlah itu cukup banyak.

"Ada 17 laboratorium. Sudah ditambah sampel pemeriksaannya, jadi sudah cukup untuk sistem pemantauan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Ia mengatakan setiap laboratorium memiliki kapasitas pemeriksaan 20-30 spesimen setiap hari. Sementara sekali pemeriksaan dapat memakan waktu dua sampai tiga pekan.

Nadia yakin jumlah tersebut sudah cukup untuk saat ini. Pemeriksaan spesimen untuk mendeteksi mutasi dilakukan hanya untuk pemantauan demi mencegah penularan yang lebih luas.

"Karena ini tidak bisa dilakukan seperti pemeriksaan rutin karena metodenya berbeda dan butuh keahlian khusus," tambahnya.

Setidaknya ada dua mutasi corona sudah ditemukan di Indonesia, yakni mutasi varian E484K alias Eek dari Jepang dan B117 dari Inggris.

Jumlah kasus mutasi corona tersebut masih sedikit. Kemenkes baru menemukan satu kasus Eek di DKI Jakarta yang diduga merupakan penularan lokal, karena penderita tidak habis bepergian ke luar negeri.

Sementara kasus B117 yang ditemukan di Indonesia baru 10 orang. Lokasinya berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim

10 Mei 2021, 12:29:41

Selain aktivitas beribadah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, bulan Ramadhan juga merupakan momen memperbaiki hubungan dengan sesama umat manusia. Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan acara “Buka Bersama Keluarga Fasilkom & Anak Yatim' pada hari Rabu, 5 Mei 2021, di Asrama Yatim Mizan Amanah, Tenggilis Mejoyo. Buka puasa bersama tersebut diikuti 18 mahasiswa ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok
11 Mei 2021, 09:00:00

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok Jakarta -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pembayaran tunggakan insentif Desember 2020 terhadap para relawan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet akan dibayarkan paling lambat besok. Sekretaris Badan .....

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS
11 Mei 2021, 09:00:00

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS Jakarta -- Kendaraan kemudi otomatis tidak hanya dimanfaatkan untuk penumpang. Kali ini restoran pizza Dominos meluncurkan layanan pengiriman pizza menggunakan mobil robot kepada pelanggan terpilihnya di Houston, Amerika Serikat. Robot yang .....