go green
Recent Issues

Cara Hindari Card Skimming, Penyebab Rekening Terkuras

Cara Hindari Card Skimming, Penyebab Rekening Terkuras

02 Maret 2021, 09:00:01

Jakarta -- Nasabah perbankan perlu mengantisipasi risiko pencurian informasi dari kartu kredit dan debit melalui mesin ATM (card skimming). Jika itu terjadi, saldo nasabah bisa terkuras habis.

Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengungkap skimming ATM dilakukan dengan mengkloning kartu yang bahkan bisa dilakukan dari jarak jauh. Lalu, pelaku juga menyiapkan kamera pengintip pin.

"Kalau kloning, kartu harus fisik digesekkan ke alat yang biasanya disamarkan," ujar Alfons kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana cara menghindarinya? Berikut informasi yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber.

1. Tutup tangan ketika memasukkan PIN di mesin ATM
Pelaku card skimming tetap membutuhkan PIN dari korban untuk menguras saldo. Untuk itu, biasakan menutup tangan ketika sedang memasukkan nomor PIN di mesin ATM untuk menghindari PIN diintip melalui kamera rahasia.

2. Hindari menggunakan ATM di lokasi sepi
Mesin ATM yang sepi dan gelap bisa menjadi lokasi ideal bagi pelaku untuk melakukan persiapan card skimming. Sebaiknya pilih lokasi ATM yang berada di keramaian.

3. Ganti PIN secara berkala
Sebaiknya tidak menggunakan PIN yang sama dalam jangka waktu lama. Dengan mengganti PIN secara berkala nasabah dapat menghindari kejahatan card skimming.

4. Pakai kartu debit atau kredit dengan teknologi chip
Kartu ATM yang menggunakan chip biasanya sudah terenskripsi atau melalui proses pengamanan informasi dengan membuat informasi tidak dapat dibaca tanpa bantuan kode.

5. Rutin pantau saldo
Saat ini melihat saldo rekening tidak perlu datang ke bank maupun ATM, cukup dengan telepon genggam. Dengan rutin memantau saldo, nasabah bisa cepat mengetahui dan melaporkan ke bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FIK Universitas Narotama Mengadakan Bhakti Sosial ke Yayasan Darul Mustofa Kelurahan Tunjung, Burneh – Bangkalan Mahasiswa FIK Universitas Narotama Mengadakan Bhakti Sosial ke Yayasan Darul Mustofa Kelurahan Tunjung, Burneh – Bangkalan

20 April 2021, 11:22:16

Sebanyak 14 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) dan Prodi Teknik Informatika (TI) – Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan kunjungan dan bhakti sosial ke Yayasan Darul Mustofa di Jalan KH Moh Cholil Gg I, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Rabu (07/04/2021). Rombongan mahasiswa dari Universitas Narotama tersebut ditemui langsung oleh KH Umar Farouq ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur
20 April 2021, 09:00:01

Gojek-Telkom Kolaborasi Kembangkan Startup di Indonesia Timur Jakarta -- Sukses jadi super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek kembali melakukan inisiatif untuk memberdayakan anak muda, khususnya di kawasan Indonesia timur dengan memanfaatkan teknologi. Kali ini Gojek meluncurkan program Muda .....