go green
Recent Issues

Teroris Norwegia Belajar dari al Qaeda

Teroris Norwegia Belajar dari al Qaeda

21 April 2012, 00:10:07

Sidang kasus terorisme Norwegia yang melibatkan Anders Behring Breivik masih bergulir. Di hadapan Majelis Hakim di pengadilan Oslo hari ini, ia mengaku bahwa serangan brutal yang menewaskan 77 orang Juli lalu, terinspirasi al Qaeda.

Teroris anti-multikulturalisme itu mengikuti al Qaeda sejak 2006 hingga 2011. Ia memperlajari strategi-strategi jaringan teroris tersebut untuk merencanakan serangan-serangannya.

Ia juga mendapat ide memakai seragam polisi saat melancarkan aksi pembantaian di Pulau Utoya kala itu setelah membaca majalah online al Qaeda khusus untuk para pengikutnya. Ide serangan juga datang dari film dokumenter tentang konflik di Irak dan Afghanistan.

"Teroris yang paling sukses adalah al Qaeda. Mereka melakukan tindakannya untuk menjadi martir. Itu adalah kunci keberhasilan sebuah perlawanan," katanya, seperti dikutip CNN.

Dan saat jaksa bertanya apakah tak memiliki rasa empati terhadap orang lain, ia dengan tenang menggambarkan bagaimana perjuangannya mematikan emosi melalui meditasi. "Anda bisa bilang saya cukup normal sampai 2006, sebelum saya mulai pelatihan," ujarnya.

"Ini tentang kekejaman, tindakan barbar Aku bahkan tidak bisa membayangkan apa yang harus orang lain dengar. Saya telah mencoba untuk menjauhkan diri dari itu," katanya mengenai tindakannya sendiri.

Breivik terdorong melakukan kekerasan karena merasa gagal melakukan upaya damai melawan multikulturalisme di negaranya. "Saya telah mencoba semua cara damai. Saya mencoba melibatkan diri secara politik, menulis esai. Saya pribadi merasa sia-sia. Maka hanya ada satu kemungkinan, yaitu kekerasan," ujarnya.


• VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur

24 Februari 2020, 01:50:17

Program studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti 40 tim sekolah SMA dan SMK se Jawa Timur. Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020. Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor
23 Februari 2020, 09:00:29

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor Jakarta, Pakar keamanan siber dari CISSReC Doktor Pratama Persadha menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menjaga keamanan data Sensus Penduduk 2020, mengingat ada potensi terjadi kebocoran data seperti di Ekuador, .....