go green
Recent Issues

Mosaik 2400 Tahun Ditemukan dengan Pesan "Bergembiralah"

Mosaik 2400 Tahun Ditemukan dengan Pesan

25 April 2016, 09:00:24

HATAY – Arkeolog Turki menemukan lantai mosaik kuno berusia 2400 tahun dalam proses penggalian benda bersejarahnya di Provinsi Hatay, dekat perbatasan antara Turki dan Suriah.

Mosaik yang diduga peninggalan Romawi Kuno di Yunani pada abad ke-3 tersebut berukirkan tiga gambar utama, yakni kerangka manusia yang tampak sedang bersandar, didampingi kendi anggur dan roti. Di kolom sebelahnya, seorang manusia berjubah keemasan menatap langit dan mengarahkan tangannya ke arah benda langit yang menyerupai bulan sabit, kakinya sebelah berkasut, sebelah lagi tidak. Seorang pria berjanggut berdiri di belakangnya. Satu gambar lain sayangnya masih belum jelas, karena terdapat pecahan besar pada bagian bawahnya.

Yang menarik dari penemuan ini, sang arkeolog tidak hanya menemukan benda kuno, tetapi juga pesan kehidupan di dalamnya, yang berbunyi, “berbahagialah, nikmati hidupmu.”

Ahli arkeologi dari Museum Hatay, Demet Kara, seperti yang dilansir Independent, Senin (25/4/2016) menjelaskan, mosaik tersebut diduga berasal dari Kota Romawi Kuno Antiokhia, yang juga merupakan lokasi gereja pertama bagi umat Kristiani. Diyakini, mosaik ini merupakan bagian dari ruang makan yang terdapat di rumah keluarga kelas atas.

“Ada dua ruang penting bagi kalangan elit pada masa itu, yakni kamar mandi dan ruang makan,” terangnya.

Sebelumnya, mosaik yang sama juga pernah ditemukan di Antakya pada 2012. Demikian juga di Italia. Namun menurut Kara, lantai mosaik yang mereka temukan kali ini lebih lengkap.

Kini penggalian masih terus diupayakan untuk mencari sisa potongannya. Sementara pecahan yang ada, tengah dipelajari lebih lanjut oleh para peneliti Turki.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

28 Januari 2020, 06:04:01

Rektor Universitas Narotama (UN) Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/1/2020) siang. Rektor beserta pejabat struktural Universitas Narotama antara lain Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Aryo Nugroho, S.Kom, MT (Dekan Fasilkom) dan Elok Damayanti, SE, MM (Kabag Kerjasama Dalam Negeri) diterima langsung oleh ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan
29 Januari 2020, 09:00:01

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan Jakarta -- Penyidik Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Banjarbaru menetapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin berinisial GM sebagai tersangka dugaan kasus pencabulan. "Penetapan tersangka dilakukan penyidik usai gelar perkara .....

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika
28 Januari 2020, 09:00:26

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika

Tokopedia tengah menyelesaikan tahap akhir dari penggaetan investor untuk putaran pendanaan mereka. Mengutip Financial Times, penggalangan dana seri G ini diperkirakan jadi pengumpulan dana terakhir perusahaan ecommerce itu sebelum melepas saham perdana atau Initial .....