go green
Recent Issues

Korut Beberkan Informasi Peluncuran Satelit

Korut Beberkan Informasi Peluncuran Satelit

27 Maret 2012, 15:08:10

Pemerintah Korea Utara membeberkan informasi soal rencana peluncuran satelit domestik mereka bulan depan. Oleh Amerika Serikat dan sekutunya, Jepang dan Korea Selatan, peluncuran satelit ini dianggap kedok uji coba rudal jarak jauh.

Dilansir Reuters, Selasa 27 Maret 2012, kantor berita KCNA yang menjadi corong pemerintahan Kim Jong-un, mengatakan bahwa satelit yang akan diluncurkan adalah satelit pengumpul data meteorologi geostasioner canggih bernama Kwangmyongsong-3 atau Bintang Bersinar.

"Kwangmyongsong-3, satelit yang akan diluncurkan bulan April, akan sangat membantu studi cuaca untuk pertanian dan sektor ekonomi lainnya," tulis KCNA.

"Riset ilmiah untuk prakiraan cuaca yang akurat tengah digalakkan di Republik Rakyat Demokratis Korea (Korut)," lanjut KCNA lagi.

Rencananya, Korut akan meluncurkan roket pembawa satelit mereka antara tanggal 12-16 April mendatang, sekaligus memperingati perayaan 100 tahun Kim Il-sung. Laporan terakhir, Korut telah memindahkan sebagian besar badan roket ke lokasi peluncuran di wilayah Tongchang-ri, sekitar 50 kilometer dari perbatasan China.

Pengumuman oleh KCNA ini sekaligus membantah tuduhan dari AS dan sekutunya bahwa peluncuran satelit sebenarnya adalah uji coba roket jarak jauh. Peluncuran roket Korut sebelumnya memasuki wilayah udara Jepang, dianggap mengancam keamanan kawasan.

KCNA sebelumnya menulis, bahwa tidak ada yang bisa melarang mereka meningkatkan teknologi satelit domestik. "Perkembangan dan penggunaan antariksa untuk tujuan damai telah dianggap secara luas sebagai hak yang sah bagi negara yang berdaulat. Peluncuran satelit untuk tujuan ilmiah tidak bisa dimonopoli oleh negara tertentu," tulis KCNA.

Menanggapi rencana Korut, negara tetangga telah memasang rudal mereka dalam posisi siaga, jika roket mampir ke wilayah mereka. Menteri Pertahanan Jepang Naoki Tanaka mengatakan telah memerintahkan militer mempersiapkan rudal darat-ke-udara PAC-3 dan kapal perang Aegis yang dilengkapi dengan sistem anti rudal. (sj)


VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Temu Kangen dan Persiapan Mukerda ADRI Jatim di Universitas Narotama Temu Kangen dan Persiapan Mukerda ADRI Jatim di Universitas Narotama

19 Januari 2021, 16:21:13

Universitas Narotama (UN) sebagai penyelenggara acara Temu Kangen dan Persiapan Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (P-ADRI) Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 14 Januari 2021 pukul 10.30 WIB di Ruang Rapat Gedung D ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sebagian anggota hadir secara daring dengan media zoom meeting. Acara tersebut diawali sambutan oleh Rektor Universitas ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang
17 Januari 2021, 09:00:00

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang Jakarta -- Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat agar tak tertipu dengan penipuan lelang. Sebab, sejauh ini masih ada beberapa modus penipuan lelang yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Direktur .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....