go green
Recent Issues

Korut Beberkan Informasi Peluncuran Satelit

Korut Beberkan Informasi Peluncuran Satelit

27 Maret 2012, 15:08:10

Pemerintah Korea Utara membeberkan informasi soal rencana peluncuran satelit domestik mereka bulan depan. Oleh Amerika Serikat dan sekutunya, Jepang dan Korea Selatan, peluncuran satelit ini dianggap kedok uji coba rudal jarak jauh.

Dilansir Reuters, Selasa 27 Maret 2012, kantor berita KCNA yang menjadi corong pemerintahan Kim Jong-un, mengatakan bahwa satelit yang akan diluncurkan adalah satelit pengumpul data meteorologi geostasioner canggih bernama Kwangmyongsong-3 atau Bintang Bersinar.

"Kwangmyongsong-3, satelit yang akan diluncurkan bulan April, akan sangat membantu studi cuaca untuk pertanian dan sektor ekonomi lainnya," tulis KCNA.

"Riset ilmiah untuk prakiraan cuaca yang akurat tengah digalakkan di Republik Rakyat Demokratis Korea (Korut)," lanjut KCNA lagi.

Rencananya, Korut akan meluncurkan roket pembawa satelit mereka antara tanggal 12-16 April mendatang, sekaligus memperingati perayaan 100 tahun Kim Il-sung. Laporan terakhir, Korut telah memindahkan sebagian besar badan roket ke lokasi peluncuran di wilayah Tongchang-ri, sekitar 50 kilometer dari perbatasan China.

Pengumuman oleh KCNA ini sekaligus membantah tuduhan dari AS dan sekutunya bahwa peluncuran satelit sebenarnya adalah uji coba roket jarak jauh. Peluncuran roket Korut sebelumnya memasuki wilayah udara Jepang, dianggap mengancam keamanan kawasan.

KCNA sebelumnya menulis, bahwa tidak ada yang bisa melarang mereka meningkatkan teknologi satelit domestik. "Perkembangan dan penggunaan antariksa untuk tujuan damai telah dianggap secara luas sebagai hak yang sah bagi negara yang berdaulat. Peluncuran satelit untuk tujuan ilmiah tidak bisa dimonopoli oleh negara tertentu," tulis KCNA.

Menanggapi rencana Korut, negara tetangga telah memasang rudal mereka dalam posisi siaga, jika roket mampir ke wilayah mereka. Menteri Pertahanan Jepang Naoki Tanaka mengatakan telah memerintahkan militer mempersiapkan rudal darat-ke-udara PAC-3 dan kapal perang Aegis yang dilengkapi dengan sistem anti rudal. (sj)


• VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dan Dinas PUPR Pacitan Mengadakan Kerjasama Pelatihan Universitas Narotama dan Dinas PUPR Pacitan Mengadakan Kerjasama Pelatihan

17 Februari 2020, 03:23:11

Universitas Narotama (UN) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten Pacitan mengadakan kerjasama untuk saling menunjang dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan negara. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU). MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Kepala Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah
17 Februari 2020, 09:00:00

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah Jakarta -- Tatapannya lemah. Wajahnya tampak lelah. Raut mukanya tak berseri saat ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. Dia adalah Wardi, seorang Kepala Sekolah SDN 1 Kalijaya, Ciamis, Jawa Barat. Sudah setahun .....