go green
Recent Issues

Obama Minta ASEAN Menahan Diri

Obama Minta ASEAN Menahan Diri

21 November 2012, 09:10:11

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kemarin meminta pemimpin negara-negara ASEAN untuk menahan diri dalam ketegangan di Laut China Selatan.
Pernyataan Obama dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur itu menggambarkan bagaimana dia berkeinginan untuk mengelola hubungan AS-China agar berjalan aman dan lancar. Perwujudan itu ingin direalisasikan Obama di berbagai bidang, baik dalam perdagangan dan menyelesaikan ketegangan teritorial antara Beijing dan para sekutu Amerika di Asia.
“Pesan Presiden Obama adalah diperlukannya pengurangan atas ketegangan,” ujar Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS Ben Rhodes setelah KTT Asia Timur di Phnom Penh,dikutip Reuters. KTT Asia Timur itu dihadiri para pemimpin dari China, Jepang, 10 anggota ASEAN,India, Korea Selatan dan Selandia Baru.“ Tidak ada alasan untuk mengundangrisikoterhadappotensieskalasi, khususnya ketikadua kekuatan ekonomi dunia,China- Jepang,memiliki permasalahan teritorial,”kata Rhodes.
Namun, sebelum KTT Asia Timur digelar, Rhodes menegaskan bahwa Obama bakal menentang protes China dan penggunaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dalam isu ketegangan Laut China Selatan yang membuat diplomasi dan perdagangan bergejolak di seluruh wilayah Asia.Obama menekan China mengenai kode pelaksanaan atau code of conduct yang menjadi acuan dalam penanganan ketegangan di Luat China Selatan. “Kami ingin melihat ke-lanjutan momentum dalam proses diplomatik ini.ASEAN membutuhkan perundingan dengan China mengenai kode pelaksanaan,” kata Rhodes dikutip AFP. Obama berencana menyampaikan protes tersebut dalam pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) China Wen Jiabao dan para pemimpin ASEAN serta negara lainnya pada hari terakhir Konferensi Asia Timur. “Presiden Obama bakal menyampaikan hal itu di dalam KTT Asia Timur,”kata Rhodes. Rhodes memahami bahwa sebagai penyelenggara KTT, Kamboja dikenal sebagai sekutu China, memiliki kekuasaan untuk mengendalikan apa yang bakal didiskusikan dalam pertemuan dan apa yang bakal muncul dalam komunike akhir. “Tapi, bangsa-bangsa dapat membawa isu itu ke meja apa pun yang mereka inginkan,” katanya. Dia memprediksi, negara lain juga ingin mendiskusikan isu keamanan maritim dalam KTT Asia Timur. Sebelumnya, kemarin pagi, Obama telah bicara secara langsung dengan Wen. Dalam pertemuan itu Obama dan Wen hanya membicarakan isu kerja sama bilateral. Sangat penting bagi dua kekuatan ekonomi terbesar dunia untuk terus bekerja sama dalam perdagangan dan investasi,” kata Obama kepada Wen.“Saya berkomitmen untuk bekerja dengan China dan berkomitmen untuk bekerja dengan Asia. ” China dan AS memiliki tanggung jawab khusus untuk memimpin pertumbuhan ekonomi global. Sedangkan,Wen menggarisbawahi bahwa perbedaan dan ketidaksepakatan antara AS dan China dapat diselesaikan melalui jalur perdagangan dan investasi.

Sumber : seputar-indonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
LSP UNNAR Mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi LSP UNNAR Mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi

17 Januari 2020, 01:18:14

Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Narotama (LSP UNNAR) mengawali kegiatan di tahun 2020 dengan mengadakan pelatihan asesor kompetensi. LSP UNNAR sebagai lembaga setifikasi profesi berlisensi dan kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan pelatihan di Favehotel Mex Surabaya, pada tanggal 13- 17 Januari 2020. Kegiatan ini bertujuan adanya penambahan jumlah asesor kompetensi yang terlisensi nasional selaras dengan visi-misi BNSP ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News