go green
Recent Issues

11 Orang Tewas Dibom Israel, Hamas Tak Mau Gencatan Senjata

 11 Orang Tewas Dibom Israel, Hamas Tak Mau Gencatan Senjata

19 November 2012, 08:49:05

Aulia Akbar
Senin, 19 November 2012 07:28 wib

Foto : warga Palestina mencium tangan saudaranya yang tewas (AP)
GAZA - Serangan udara kembali dilakukan oleh Angkatan Udara Israel dan menewaskan 11 orang di Gaza. Empat orang di antara 11 adalah bocah kecil. Hamas pun mengajukan tuntutan baru sebagai syarat gencatan senjata dengan Israel.

Hamas menegaskan, mereka tidak akan menghentikan serangan ke wilayah Israel kecuali bila perbatasan Gaza dibuka. Bersamaan dengan itu, Israel juga makin gencar melakukan bombardir di wilayah Gaza.

Pemimpin Hamas Khaled Meshal melakukan perbincangan lewat telepon dengan Presiden Mesir Mohamed Mursi. Hamas menuntut pembukaan wilayah perbatasan Gaza dan sebuah jaminan keamanan di wilayahnya. Seperti diketahui, Mesir memainkan peranan penting dalam krisis Gaza karena Negeri Piramida itu tengah menjadi mediator gencatan senjata antara Israel dan Palestina.

"Kami tidak akan menyepakati gencatan senjata hingga Israel memenuhi tuntutan kami," ujar pejabat senior Hamas Izzat Rishaq, seperti dikutip USA Today, Senin (19/11/2012).

Sejauh ini, hanya Mesir dan Israel yang memiliki akses masuk ke Gaza. Meski saat ini Mesir dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin, Mesir tetap enggan untuk membuka perbatasan Hamas dan Mesir. Presiden Mursi khawatir, langkah yang dilakukannya justru akan menghambat pembentukan Negara Palestina dan solusi dua negara.

Sementara itu, Negeri Yahudi juga takut karena bila perbatasan Gaza dibuka dan blokade dicabut. Ketakutan Israel didasarkan karena Hamas akan mendapatkan peluang untuk memperoleh persenjataan. Israel turut mengklaim, Hamas memiliki 12 ribu roket yang diproduksi sendiri.

Invasi Israel ke Gaza terbukti menegangkan hubungan antara Mesir. Mesir sendiri sudah menarik duta besarnya yang berdinas di Israel sebagai bentuk protes atas agresi Israel ke wilayah Palestina. Namun Israel tetap berharap agar Mesir memainkan peranan yang cukup baik untuk menyelesaikan masalah itu.(AUL)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

21 Januari 2020, 02:10:02

Program studi PG PAUD Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya mengadakan workshop bertajuk Proses Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini, Kamis (16/01/2020). STEAM adalah Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics. Muatan pembelajaran STEAM adalah pengembangan dari STEM yang berasal dari Amerika dan menyebar serta berkembang dengan penambahan elemen. Workshop tersebut dibuka oleh Heri, selaku Penilik PAUD Kota Surabaya. Heri menekankan atas perubahan yang selalu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News