go green
Recent Issues

Di Tengah Ketegangan AS-Iran, Korsel Kirim Kapal Militer ke Selat Hormuz

Di Tengah Ketegangan AS-Iran, Korsel Kirim Kapal Militer ke Selat Hormuz

23 Januari 2020, 09:00:00

Korea Selatan (Korsel) akan mengirimkan satu kapal militernya ke perairan Selat Hormuz. Pengerahan ini dilakukan militer Korsel di tengah ketegangan yang memuncak antara Amerika Serikat (AS), yang merupakan sekutunya, dan Iran.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (21/1/2020), Kementerian Pertahanan Korsel juga menyatakan pihaknya akan mengerahkan 300 tentaranya, bersama kapal militer jenis destroyer itu, ke perairan Selat Hormuz yang merupakan titik strategis untuk perdagangan minyak dunia.

Iran selama ini diyakini ada di balik serangkaian serangan terhadap kapal-kapal niaga dan kapal tanker yang berlayar di perairan Selat Hormuz. AS telah mengerahkan misi Angkatan Laut di perairan itu. Tekanan yang diberikan AS membawa Korsel ke dalam dilema, sebab diketahui bahwa Korsel memiliki hubungan diplomatik dengan Iran sejak awal tahun 1960-an dan hingga tahun lalu, Iran menjadi salah satu pemasok minyak utama bagi negara yang miskin sumber daya itu.

Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan pihaknya memutuskan `untuk sementara waktu memperluas` area pengerahan bagi unit militer anti-pembajakan yang kini beroperasi di lepas pantai Somalia. Area pengerahan unit itu akan mencakup perairan Teluk Persia dan Teluk Oman, yang dihubungkan oleh Selat Hormuz.

Menurut Kementerian Pertahanan Korsel, perluasan area pengerahan ini dimaksudkan untuk membantu menjamin keamanan perlintasan kapal-kapal berbendera Korsel dan kapal yang membawa warga Korsel di perairan strategis yang rawan serangan tersebut.




Sumber: Detik.Com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama Menggelar `3rd World Conference` Kolaborasi Bidang Ilmu Universitas Narotama Menggelar `3rd World Conference` Kolaborasi Bidang Ilmu

18 Februari 2020, 04:06:27

Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Narotama (UN) menggelar 3rd World Conference on Management, Business, Accounting, Sustainability Development, Engineering, Computer, Education, Applied Science, Humaniora, and Social Science yang berlangsung di Ibis Hotel Surabaya, Sabtu (15/2/2020). Konferensi internasional tersebut menghadirkan keynote speaker diantaranya adalah Prof. Dr. Abdul Thalib Bin Bon (Manajemen Teknologi, Department of Production and Operations Management UTHM), ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Dinkes Ungkap 52 Orang di Jakarta Diobservasi Terkait Corona
18 Februari 2020, 09:00:00

Dinkes Ungkap 52 Orang di Jakarta Diobservasi Terkait Corona Jakarta -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengumumkan sempat melakukan observasi kepada 52 orang di Jakarta karena suspek corona atau Covid-19 beberapa hari lalu. Setelah observasi, 52 orang suspek ini dinyatakan negatif .....