go green
Recent Issues

Menag Bakal Terbitkan Aturan Ibadah Natal di Tengah Corona

Menag Bakal Terbitkan Aturan Ibadah Natal di Tengah Corona

26 November 2020, 09:00:02

Jakarta -- Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan bakal menerbitkan aturan terkait protokol kesehatan jelang perayaan Natal 2020. Aturan protokol kesehatan ini diklaim serupa dengan protokol yang diberlakukan saat perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha.

"Kalau ibadah Natal produknya akan kami keluarkan minggu ini. Pada dasarnya mirip saja dengan yang lalu," kata Fachrul di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/11).

Adapun poin pasti aturan itu ialah menghindari kerumunan, jaga jarak, dan tetap mengecek kesehatan. Ia menegaskan bahwa protokol kesehatan agama apapun bakal sama.

"Pada dasarnya ibadah agama apapun warga akan berbondong-bondong mengikuti, jadi sama saja aturannya seperti Idul Fitri dan Idul Adha," terang dia.

Lebih lanjut Fachrul menuturkan, aturan tersebut tengah digodok lebih lanjut bersama jajaran di Kemenag. Pihaknya telah membahas bersama Ditjen Pembinaan Agama Kristen dan Katolik untuk menyusun aturan tesebut.

"Produk kami keluarkan akhir minggu ini. Kemarin sudah kami rapatkan, rumuskan bersama antara pembinaan dan pengawas Kristen dan Katolik," beber dia.

Sebelumnya, Kemenag telah menerbitkan aturan soal pelaksanaan Idul Fitri dan Idul Adha di tengah pandemi corona.

Dalam aturan itu, Kemenag mengimbau agar pelaksanaan salat dapat dilakukan di rumah. Sementara jumlah orang yang melakukan salat di lapangan juga harus dibatasi, termasuk soal penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo telah meminta agar libur akhir tahun saat Natal dan Tahun Baru dipangkas untuk menekan kasus covid-19 di Indonesia.

Libur panjang dinilai menjadi salah satu alasan kenaikan kasus covid-19.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dalam News Berita Harian Malaysia, Kerjasama Strategic Antarbangsa FKA Universiti Teknologi MARA Malaysia Universitas Narotama dalam News Berita Harian Malaysia, Kerjasama Strategic Antarbangsa FKA Universiti Teknologi MARA Malaysia

27 Januari 2021, 19:06:25

Universitas Narotama (UN) Surabaya menjadi salah satu 16 perguruan tinggi dari berbagai negara yang masuk dalam Kerjasama Strategik Antarbangsa Fakultas Teknik Sipil Universiti Teknologi MARA (FKA, UiTM). Mitra kerjasama strategis Universitas Narotama dengan FKA UiTM, satu-satunya institusi pendidikan Teknik Sipil di Malaysia yang telah mendapatkan akreditasi penuh selama enam tahun (tanpa interim) dari Board of Engineers Malaysia (BEM) untuk Program ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Para Pemimpin Dunia yang Minta Maaf Atas Penanganan Pandemi
27 Januari 2021, 09:00:27

Para Pemimpin Dunia yang Minta Maaf Atas Penanganan Pandemi Jakarta -- Data statistik Universitas Johns Hopkins University jumlah penularan virus corona (Covid-19) total telah mencapai 100.270.602 juta kasus di seluruh dunia per Rabu (27/1). Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, India, .....

Sidang Anak Gugat Orang Tua Rp3 M, Dua Pihak Sepakat Mediasi
27 Januari 2021, 09:00:00

Sidang Anak Gugat Orang Tua Rp3 M, Dua Pihak Sepakat Mediasi Jakarta -- Sidang perkara anak menggugat ayahnya Rp3 miliar terkait perjanjian penggunaan lahan dan bangunan berlanjut ke proses mediasi. Kasus bisa berlanjut secara hukum. Diketahui, Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (26/1), kembali .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....