go green
Recent Issues

6 Tips Beli Ponsel Baru saat THR Cair

6 Tips Beli Ponsel Baru saat THR Cair

02 Mei 2021, 09:00:00

Jakarta -- Memiliki ponsel baru menjadi keinginan sebagian orang ketika sudah mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Hanya saja ada beberapa pertimbangan sebelum membeli merek ponsel tertentu.

Banyaknya ponsel yang diluncurkan dalam waktu yang berdekatan membuat banyak pihak kebingungan menentukan pilihan. Menyuguhkan baterai jumbo hingga teknologi canggih, hampir disajikan semua brand ponsel.

Alih-alih ingin membeli ponsel baru sesuai kebutuhan, malah kadang terjebak dengan harga yang terlampau mahal untuk sebuah fitur yang “biasa-biasa saja”.

Sebelum Anda merogoh kocek lebih dalam untuk membeli ponsel, ada baiknya memerhatikan beberapa hal, sebelum menentukan pilihan, seperti mengutip Phones Review yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Kapasitas baterai
Kapasitas baterai bermacam-macam. Kini ponsel pintar banyak yang menyuguhkan kapasitas penyimpanan baterai lebih dari 3000 mAh, bahkan ada yang mencapai 6000 mAh.

Baterai yang mampu bertahan dalam waktu lama bisa membantu Anda menggunakannya selama yang dibutuhkan. Baterai ponsel berkualitas baik seharusnya bisa bertahan selama sehari penuh.

Namun sebaliknya, jika baterai ponsel tidak bisa bertahan digunakan seharian, maka disarankan untuk tidak dipilih.

2. Kamera
Fitur kamera pada smartphone menjadi bagian yang sulit dipisahkan. Apabila Anda suka mengabadikan momen untuk diunggah ke sosial media, maka kamera pada ponsel yang Anda pilih harus menjadi pertimbangan Anda.

Beragam model ponsel memiliki keunggulan, baik itu kapasitas Megapixel, fitur gimbal pada kamera, lensa, stabilizer hingga bukaan cahaya. Jika Anda gemar memotret, disarankan untuk memilih ponsel dengan keunggulan potret.

Namun, jika Anda gemar membuat cuplikan video, maka disarankan untuk memilih ponsel yang sudah dilengkapi dengan stabilizer kamera atau gimbal. Hal ini dapat membuat hasil rekaman video lebih halus.

Jika sekedar untuk kebutuhan swafoto, Anda juga bisa mencari ponsel mana yang bisa mengakomodir hal itu. Sebagai informasi, besaran resolusi kamera tidak menjamin kualitas foto pasti yang terbaik.

3. Performa
Dapur pacu bukan lagi menjadi isapan jempol untuk ponsel pintar. Bagi Anda penggemar gim mobile, maka performa kudu diperhatikan dalam menentukan pilihan ponsel.

Disarankan untuk mengetahui chipset, RAM dan ROM terlebih dahulu sebelum Anda memilih ponsel.

Kini, sudah banyak ponsel yang didesain untuk para gamers yang memiliki kapasitas RAM 8GB bahkan lebih. Tidak hanya itu, ketahuilah chipset yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh ponsel gaming kenamaan.

4. Dimensi layar
Jika ponsel hendak digunakan untuk bekerja mengabadikan foto dan video, ada baiknya Anda memilih ponsel dengan layar dan resolusi tinggi. Layar pada ponsel memiliki resolusi pixel yang beragam.

Dimensi layar yang pas di genggaman bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli ponsel. Apabila memilih ponsel dengan layar besar, pastikan tangan Anda nyaman menggunakannya.

Pelajari besaran layar dan pixel yang digunakan pada layar smartphone yang hendak dipilih. Beberapa gawai sudah menyertakan kecerahan layar yang mumpuni untuk digunakan meski di bawah terik matahari.

5. Ketahanan
Kualitas material ponsel bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membelinya. Pastikan Anda membeli ponsel dari merek yang sudah dikenal.

Selain itu, Anda juga bisa mencari penilain dari ulasan-ulasan mengenai ponsel yang sedang diincar. Penilaian objektif bisa membantu Anda menentukan sebaik apa ketahanan suatu ponsel.

6. Pilih penyimpanan minimal 32 GB
Ponsel dengan kapasitas 16GB dianggap sebagai tipuan, karena banyaknya file sistem yang tersimpan, kadang membuat kapasitas 16GB jadi lebih sedikit tersedia.

Disarankan untuk memilih penyimpanan di atas 32GB.Anda bisa menyimpan lebih banyak game, foto, dan video. Kapasitas 64GB adalah standar baru untuk ponsel andalan, lalu slot kartu microSD dianggap baik untuk memperluas penyimpanan.

Namun penyimpanan microSD tambahan biasanya hanya terdapat di ponsel Android tertentu dan bukan pada ponsel Apple, menurut laporan Toms Guide.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

08 Juni 2021, 13:51:46

Sejak Rabu (2/6/2021), suasana Ruang Rapat Gedung D Universitas Narotama (UN) Surabaya selalu terlihat banyak orang beraktivitas. Mereka secara marathon sedang menyusun Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk semua program studi (prodi) yang ada di lingkungan Universitas Narotama. Kegiatan yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM ini melibatkan berbagai unit ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas
14 Juni 2021, 09:00:00

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas Jakarta -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19, M. Praswad Nugraha berhadapan dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait laporan dugaan pelanggaran etik. Praswad .....

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital
14 Juni 2021, 09:00:00

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital Jakarta -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan soal nasib stasiun televisi lokal saat pemerintah sepenuhnya mengalihkan seluruh siaran analog menjadi siaran digital atau Analog Switch Off (ASO). Juru bicara Kominfo .....

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah
11 Juni 2021, 09:00:04

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah Jakarta, -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk mengatur siapa saja guru yang dapat mengajar pada pembelajaran tatap muka disekolah. Hal ini menyusul permintaan .....