go green
Recent Issues

BI Turunkan Proyeksi Laju Kredit Bank Jadi 5-7 Persen

BI Turunkan Proyeksi Laju Kredit Bank Jadi 5-7 Persen

22 Februari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan kredit bank dari 7 persen sampai 9 persen menjadi 5 persen hingga 7 persen pada 2021. Alasannya, laju kredit masih terkontraksi 2,41 persen sampai Desember 2020.

"Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia merevisi proyeksi pertumbuhan kredit atau pembiayaan pada 2021," kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat konferensi pers virtual, Kamis (18/2).

Menurut Perry, pertumbuhan kredit bank terkontraksi sepanjang tahun lalu karena permintaan menurun di tengah krisis ekonomi akibat pandemi virus corona (covid-19). Di sisi lain, bank tidak cepat menurunkan tingkat bunga kreditnya sejalan dengan penurunan bunga acuan dari bank sentral nasional.

"Penurunan suku bunga kredit masih cenderung terbatas, yaitu hanya sebesar 83 bps ke level 9,7 persen selama 2020," ujarnya.

Perry melihat penurunan suku bunga kredit berjalan lambat karena suku bunga dasar kredit (SBDK) masih tinggi. Tercatat, penurunan SBDK baru sekitar 75 bps menjadi 10,11 persen pada tahun lalu.

"Hal ini menyebabkan tingginya spread SBDK dengan suku bunga BI7DRR dan deposito 1 bulan masing-masing sebesar 6,36 persen dan 5,84 persen," jelasnya.

BI mencatat SBDK tertinggi ada di bank-bank BUMN, yakni mencapai 10,79 persen. Selanjutnya, SBDK tertinggi ada di Bank Pembangunan Daerah (BPD) 9,8 persen.

Baru diikuti bank swasta nasional 9,67 persen dan kantor cabang bank asing 6,17 persen. Sementara berdasarkan segmen kreditnya, SBDK tertinggi ada di segmen kredit mikro sebesar 13,75 persen.

Selanjutnya, SBDK kredit konsumsi non-KPR 10,85 persen, kredit konsumsi KPR 9,70 persen, kredit ritel 9,68 persen, dan kredit korporasi 9,18 persen.

"Bank Indonesia mengharapkan perbankan dapat mempercepat penurunan suku bunga kredit sebagai upaya bersama untuk mendorong kredit atau pembiayaan bagi dunia usaha dan pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
SWLPPM Universitas Narotama Gelar International Book Review Conference Series 8: Kartini`s Day SWLPPM Universitas Narotama Gelar International Book Review Conference Series 8: Kartini`s Day

21 April 2021, 18:16:20

Seminar dan Workshop (SW) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Narotama (UN) menyelenggarakan International Book Review Conference Series 8 dengan tema “Kartini`s Day” pada hari Selasa, 20 April 2021 pukul 10:30 AM Jakarta, yang berlangsung secara daring (online) melalui zoom meeting. Pembukaan acara oleh MC Elok Damayanti, SE, MM, sambutan pembukaan oleh Chairman of Book Review Conference Dr. Ir. H. ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang
22 April 2021, 09:00:00

Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang Jakarta -- Facebook mengumumkan akan meluncurkan aplikasi audio Soundbites yang hanya bisa diakses lewat undangan, serupa Clubhouse. Aplikasi baru ini bakal dinamakan Soundbites dan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Lewat .....