go green
Recent Issues

Kominfo Minta Situs Film Bioskop Serupa IndoXXI Segera Tutup

Kominfo Minta Situs Film Bioskop Serupa IndoXXI Segera Tutup

13 Januari 2020, 09:00:02

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta kesadaran pengelola situs yang menawarkan layanan film streaming bajakan seperti IndoXXI untuk menutup layanan mereka.

Jika permintaan Kemenkominfo tidak diindahkan, maka pihaknya akan menerapkan aturan yang berlaku.
"Kami harapkan kesadaran yang sama untuk menghentikan itu [layanan film streaming ilegal] tetapi Kominfo mempunyai tugas apabila kesadaran itu dari waktu ke waktu belum juga terwujud, maka tugas kami mengimplementasikan atau menerapkan aturan," kata Johnny kepada CNNIndonesia.com saat ditemui di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (9/1) malam.

Saat ditanya apakah Kemenkominfo akan memblokir situs sejenis, Johnny mengatakan belum tentu menerapkan pemblokiran. "Menerapkan aturan banyak caranya, tentu yang terburuk blokir, kalau melanggar hukum ada proses hukum bukan dari Kominfo tapi dengan pihak yang merasa dirugikan. Baik itu kreator di dalam negeri maupun kreator film di luar negeri, ini kan berbahaya," tegasnya.

Sebelumnya, Johnny sempat membantah jika pihaknya memblokir situs film streaming ilegal, IndoXXI. Dia mengatakan situs IndoXXI `pamit` karena kesadaran pengelola situs menyajikan film ilegal di platform-nya. "Tidak [diblokir], salah juga terminologinya. IndoXXI menyadari bahwa mengedarkan film-film legal itu tidak boleh dan mereka melalui inisiatif sendiri untuk menutup streaming itu," kata Johnny.
Polemik IndoXXI berawal dari survei YouGov yang menyebut 63 persen konsumen dari di Indonesia menonton film lewat situs torrent. Situs IndoXXI (Lite) menjadi situs menonton film populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna.

Menanggapi hasil survey tersebut, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) menyebut akan memberantas para pelanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pada 2020.
Alhasil, 24 Desember lalu, IndoXXI mengunggah pengumuman bahwa situs mereka akan tutup per 1 Januari 2020 demi memajukan industri kreatif tanah air. "Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik.




Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama

26 Februari 2020, 07:53:00

Rombongan siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dlanggu Mojokerto mengadakan Kunjungan Industri ke kampus Universitas Narotama pada Rabu, 26 Februari 2020. Kedatangan rombongan 68 siswa dan 10 guru pembimbing SMKN 1 Dlanggu ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT bertempat di Conference Hall Universitas Narotama. Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh para ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona
27 Februari 2020, 09:00:07

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona Jakarta -- Pemerintah China secara resmi mengumumkan larangan perdagangan dan konsumsi satwa liar yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona. Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) menyetujui proposal larangan perdagangan satwa .....

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali
27 Februari 2020, 09:00:07

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali Gianyar, SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) menyebut penjualan Almaz dan Confero masuk ke produk paling banyak diminati untuk pasar Bali sepanjang Januari sampai Desember 2019. Media Relations Wuling Indonesia Brian Gomgom .....