go green
Recent Issues

Kemenhub Siagakan 378 Kapal untuk Arus Balik di H+7 Lebaran

Kemenhub Siagakan 378 Kapal untuk Arus Balik di H+7 Lebaran

15 Juni 2019, 09:00:09

Jakarta -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan telah menyiapkan 378 kapal laut guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang tak terangkut di masa arus balik tujuh hari setelah Idul Fitri 1440 Hijriah, Kamis (13/6).

Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019 Kementerian Perhubungan, Ahmad, menuturkan ratusan kapal tersebut dikerahkan ke 51 pelabuhan di Indonesia.

"Untuk mengantisipasi penumpang tidak terangkut kami telah mengerahkan 378 kapal dengan berbagai kelas. Ini kami lakukan setiap tahun belajar dari arus mudik sebelum-sebelumnya," kata Ahmad saat ditemui di posko, Kamis (13/6).

Ahmad menuturkan insiden ini terjadi di Pelabuhan Batam. Dia menuturkan sebanyak 400 penumpang dari Pelabuhan Batam ke Tanjung Buton, Siak, tidak terangkut.

"Dari Batam ke Tanjung Buton ada 400 penumpang yang sempat tidak terangkut kemarin, kita berangkatkan menggunakan kapal negara. Alhamdulillah sudah selesai sekarang," paparnya.

Ahmad menuturkan insiden penumpang tidak terangkut ini kerap terjadi lantaran para pemudik tak memiliki tiket kapal.

Para penumpang tersebut, paparnya, sering datang langsung ke pelabuhan tanpa memegang tiket keberangkatan.

Padahal, menurut Ahmad, pemerintah terus mengimbau kepada seluruh pemudik yang ingin menggunakan jasa transportasi umum seperti kapal laut, kereta, dan bus untuk membeli tiket pulang-pergi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Hal itu, kata Ahmad, dilakukan demi mengantisipasi lonjakan penumpang di stasiun, terminal, dan pelabuhan.

"Jadi mereka datang ke pelabuhan atau terminal-terminal tanpa memiliki tiket. Pas sampai di pelabuhan, ternyata tiketnya habis. Maka dari itu, kami selalu mengimbau jauh-jauh hari kepada para pemudik untuk membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan dengan sistem online," kata Ahmad.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Sistem Informasi UNNAR Jalin Kerjasama dengan Komunitas Odoo Indonesia Prodi Sistem Informasi UNNAR Jalin Kerjasama dengan Komunitas Odoo Indonesia

22 Juli 2019, 06:13:02

Program Studi Sistem Informasi– Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) yang berkonsentrasi pada pengembangan solusi bisnis memandang perlu melakukan kerjasama dalam pengembangan Odoo. Kerjasama ini dijalin dengan Komunitas Odoo Indonesia yang diwakili oleh Agung Hario, S.Kom, praktisi dalam bidang pengembangan Enterprise Resources Planning (ERP) dengan framework Odoo. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan pengenalan Odoo yang dipimpin oleh Kaprodi Sistem Informasi, Immah ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Papua Nugini Desak Australia Beri Tenggat Relokasi Imigran
23 Juli 2019, 09:00:01

Papua Nugini Desak Australia Beri Tenggat Relokasi Imigran

Perdana Menteri James Marape mendesak Australiasegera menentukan tenggat untuk merelokasi pengungsi imigran dan pencari suaka yang hingga kini masih telantar di Pulau Manus, Papua Nugini. Marape mengatakan bahwa permintaan penentuan .....

BI Yakin Penurunan Bunga Acuan Gairahkan Pasar Modal
23 Juli 2019, 09:00:01

BI Yakin Penurunan Bunga Acuan Gairahkan Pasar Modal Medan -- Bank Indonesia (BI) menilai pemangkasan suku bunga acuan akan menarik lebih banyak investor masuk ke pasar modal. Penurunan suku bunga tersebut akan membuat investor cenderung melihat prospek pertumbuhan .....