go green
Recent Issues

Pemerintah Brasil Efikasi Vaksin Sinovac 78 Persen

Pemerintah Brasil Efikasi Vaksin Sinovac 78 Persen

12 Januari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Brasil mengumumkan vaksin corona buatan Sinovac Biotech efektif 78 persen dalam uji coba tahap akhir, Jumat (8/1).

Pemerintah Brasil mengatakan dengan hasil itu, mereka akan meminta regulator kesehatan negara, Anvisa, menyetujui penggunaan vaksin tersebut untuk tujuan darurat.

"Ini Adalah hari bersejarah, hari penuh harapan," kata Gubernur Sao Paolo, Joao Doria, dalam jumpa pers saat mengumumkan hasil riset tersebut seperti dikutip AFP.

Institute Butantan, Pusat Kesehatan Publik Sao Paolo, mengatakan akan mengajukan otorisasi vaksin ke Anvisa pada Jumat pekan ini.

Uji coba Sinovac juga dilakukan di Turki, Indonesia, dan China.

Hasil uji klinis di Brasil ini di bawah nilai efikasi hasil uji klinis yang pernah diumumkan ilmuwan di Turki, yaitu 91 persen. Namun, hasil efikasi di Turki tersebut hanya didapatkan dari 752 relawan, sementara di Brasil didasarkan pada 12.476 relawan.

Selain itu, tingkat kerincian data yang diberikan pemerintah Brasil juga tidak seperti ketika Pfizer, Moderna, atau AstraZeneca mengumumkan hasil efikasi.

Efikasi Sinovac ini juga berada di bawah Pfizer yang memiliki efikasi 90 persen, atau Moderna 95 persen, atau AstraZeneca yang berada di kisaran 60-90persen.

Meski demikian, nilai efikasi 78 persen ini masih berada di atas batas yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk kondisi penanganan pandemi yaitu di kisaran 50-60 persen.

Vaksin Sinovac juga lebih mudah didistribusikan karena cukup disimpan di suhu kulkas pada umumnya, sehingga menjadi incaran negara-negara tropis dengan sistem logistik yang tertinggal dari Amerika Serikat atau negara Eropa.

Pemerintah Brasil sendiri rencananya akan memesan 100 juta dosis vaksin Sinovac. Angka ini dua kali lipat dari angka pemesanan sebelumnya yang sempat diumumkan sebanyak 46 juta dosis.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dengan STKIP Singkawang Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dengan STKIP Singkawang

26 Februari 2021, 17:55:01

Universitas Narotama (UN) Surabaya dan STKIP Singkawang (Kalimantan Barat) melakukan kerja sama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU) yang dilakukan oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Ketua STKIP Singkawang Dr. Andi Mursidi, M.Si pada hari Senin, 22 Februari 2021 di kampus Universitas Narotama, Surabaya. Penandatanganan MoU ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Menlu Rezim Militer Myanmar Datangi Thailand Bahas Krisis
26 Februari 2021, 09:00:01

Menlu Rezim Militer Myanmar Datangi Thailand Bahas Krisis Jakarta -- Menteri Luar Negeri junta militer Myanmar Wunna Maung Lwin dilaporkan mengunjungi Thailand untuk membahas krisis pasca kudeta, Rabu (24/2). Seperti dikutip dari Reuters, seorang sumber pemerintah Thailand mengatakan kunjungan .....

Nadiem Dana BOS 2021 Bisa Biayai Prokes Belajar Tatap Muka
26 Februari 2021, 09:00:01

Nadiem Dana BOS 2021 Bisa Biayai Prokes Belajar Tatap Muka Jakarta -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menginginkan sebagian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2021 dapat dialokasikan untuk menyediakan fasilitas protokol kesehatan di sekolah. Kemendikbud pun memberikan fleksibilitas bagi .....