go green
Recent Issues

Putusan MK Bikin Suara Rakyat Jadi Berharga

Putusan MK Bikin Suara Rakyat Jadi Berharga

30 Agustus 2012, 07:59:38

Awaludin - Okezone
Kamis, 30 Agustus 2012 07:17 wib

Ilustrasi (Foto: dok Okezone)
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya mengabulkan sebagian permohonan 22 partai politik (Parpol) terkait judicial review atau uji materi UU Nomor 8 tahun 2012 atau UU Pemilu. MK Memutuskan bahwa kententuan Parliamentary Threshold (ambang batas parlemen) 3,5 persen hanya berlaku untuk tingkat DPR.

Menurut Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi, putusan MK tersebut sangatlah tepat, pasalnya suara rakyat menjadi tetap berharga. "Sebab kalau Parliamentary Threshold (PT) berlaku secara keseluruhan baik di DPRD maupun DPR, banyak suara rakyat yang mubazir," ucapnya saat berbincang dengan okezone, Kamis (29/8/2012).

Sebab faktanya, lanjut Adhie, di sejumlah daerah rakyat ada yang lebih percaya kepada partai yang bukan "main stream" politik nasional. "Seharusnya, sejalan dengan pandangan ini, parpol yang sudah berbadan hukum dan pernah ikut pemilu tidak perlu verifikasi. Kemudian syarat parpol tidak harus banyak cabang seperti ketentuan dalam UU politik yang baru," tambahnya.

Kata Adhie, logikanya kalau parpol yang di suatu provinsi atau daerah tidak punya pasar. "kenapa juga harus buka outlet di sana," tuturnya.

Namun, Adhie menyayangkan sikap anggota dewan yang tidak paham kepada tugas dan fungsinya dalam membuat undang-undang. "Secara umum, orang-orang DPR tidak paham tugas dan fungsinya. Terutama dalam membuat UU, hampir semua tidak mengerti substansi dari UU," tambahnya.

Sehingga, kata Adhie, Undang-Undang dibuat hanya demi kepentingan pembuatnya. "Maka ada yang dirugikan dan menggugat, besar kemungkinan produk UU itu dikalahkan, didrop. Celakanya, para anggota DPR merasa hal itu bukan kesalahan mereka," tutupnya.
(ugo)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39 Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39

24 Januari 2020, 02:13:10

Yemen`s Team tampil sebagai Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama (UNNAR) Ke-39 setelah unggul atas tim Gacor FC dalam pertandingan final yang berlangsung pada Sabtu, 18 Januari 2020 di lapangan futsal UNNAR. Penyerahan hadiah untuk para juara dilakukan oleh Presiden UNNAR Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP, yang juga dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Alumni & Tracer ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile dan Internet Banking
26 Januari 2020, 09:00:13

Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile dan Internet Banking Jakarta -- Aspek keamanan transaksi kembali menjadi sorotan usai kasus pembobolan rekening dan kartu kredit yang menimpa wartawan senior Ilham Bintang beberapa waktu terakhir. Melalui akun Facebooknya, Ilham bercerita dirinya rugi .....