go green
Recent Issues

Pro Penetapan: Larangan Sultan Tak Berpolitik Salahi UUD

Pro Penetapan: Larangan Sultan Tak Berpolitik Salahi UUD

29 Agustus 2012, 07:54:32

Prabowo - Okezone
Selasa, 28 Agustus 2012 18:45 wib wib

Sri Sultan (foto: Koran SI)
YOGYAKARTA- Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) DIY mensyarakan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono (HB) X dan Pakualam IX, tidak boleh berpolitik. Bagaimana komentar pro penetapan?

"Larangan berpolitik itu justru akan bertentangan dengan UUD 1945 yang memberikan jaminan setiap warga negara untuk terlibat dalam organisasi politik," ujar Ketua Paguyuban Dukuh (Pandu) DIY, Sulistyo Admojo, Selasa (28/8/2012).

Dia menyakini, pasal yang menyebutkan tidak boleh berpolitik di RUUK DIY akan gugur dengan sendirinya karena bertentangan dengan UUD 1945.

Disinggung Sultan bersedia keluar dari Partai Golkar? Sulistyo menyerahkan sepenuhnya ada pada Sultan. Sebab, keputusan berpolitik seseorang menjadi hak orang tersebut.

"Kalau Ngarsodalem mau keluar dari partai, kita harus menghormati. Itu merupakan keputusan Ngarsodalem," katanya.

Sulistyo menambahkan, masyarakat Yogyakarta menerima Sultan sebagai sosok Raja meski masih kader Partai Golkar. Sultan dapat mengayomi semua lapisan masyarakat yang berbeda pilihan politik di Yogyakarta.

"Dalam konteks Sultan adalah Gubernur dan Gubernur adalah Sultan, Kita menganggap Ngarsodalem adalah Raja Kraton Yogyakarta bukan sebagai kader partai," jelasnya.
(kem)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

28 Januari 2020, 06:04:01

Rektor Universitas Narotama (UN) Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/1/2020) siang. Rektor beserta pejabat struktural Universitas Narotama antara lain Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Aryo Nugroho, S.Kom, MT (Dekan Fasilkom) dan Elok Damayanti, SE, MM (Kabag Kerjasama Dalam Negeri) diterima langsung oleh ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika
28 Januari 2020, 09:00:26

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika

Tokopedia tengah menyelesaikan tahap akhir dari penggaetan investor untuk putaran pendanaan mereka. Mengutip Financial Times, penggalangan dana seri G ini diperkirakan jadi pengumpulan dana terakhir perusahaan ecommerce itu sebelum melepas saham perdana atau Initial .....