go green
Recent Issues

Trump Tarik Pasukan, Kedubes AS di Irak Dihantam Roket

Trump Tarik Pasukan, Kedubes AS di Irak Dihantam Roket

21 November 2020, 09:00:01

Jakarta -- Kedutaan besar Amerika Serikat di ibu kota Baghdad, Irak dihantam roket pada Selasa (17/11) malam. Seorang anak perempuan dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.

Serangan roket kali ini melanggar gencatan senjata dengan faksi-faksi pro-Iran yang disepakati sejak bulan lalu.

Bukan hanya itu, serangan roket yang menghantam kedubes AS terjadi ketika Presiden Donald Trump mengumumkan untuk menarik pasukan dari Irak dan Afghanistan.

Militer Irak mengungkapkan, empat roket mendarat di Zona Hijau dengan keamanan tinggi, tempat kedutaan AS dan kantor perwakilan asing lainnya berada.

Tiga roket lainnya menghantam bagian lain Baghdad hingga menewaskan seorang perempuan dan melukai lima warga sipil.

Mengutip AFP, militer Irak dalam sebuah pernyataan mengatakan jika ketujuh roket itu diketahui diluncurkan dari lokasi yang sama di Baghdad timur.

Seorang juru bicara koalisi pimpin Washington mengatakan intelijen Irak telah mengonfirmasi terjadi serangan roket ke kedutaan AS. Namun mereka menolak berkomentar tentang penggunaan roket C-RAM dalam serangan tersebut.

AS secara eksplisit mengatakan jika Kataeb Hezbollah sebagai dalang di balik sejumlah serangan dan telah dua kali melancarkan serangan balasan ke markas kelompok militan itu.

Sejak Oktober 2019, hampir 90 serangan roket mematikan telah menyasar sejumlah kedutaan asing, markas pasukan asing, dan instalasi lain di seluruh Irak.

Serangan tersebut diklaim oleh kelompok militan yang oleh pejabat AS digambarkan sebagai "selubung asap" untuk faksi garis keras yang berpihak pada Iran di Irak.

Serangkaian seranganan ini telah memicu murka bagi Washington. AS menekan PM Irak Mustafa al-Kadhemi untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap pada pelaku penyebar teror.

Bulan lalu, AS mengeluarkan ultimatum kepada pemerintah Kadhemi yang mengancam akan menutup komplek diplomatiknya di Baghdad jika terus dihujani serangan roket.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dalam News Berita Harian Malaysia, Kerjasama Strategic Antarbangsa FKA Universiti Teknologi MARA Malaysia Universitas Narotama dalam News Berita Harian Malaysia, Kerjasama Strategic Antarbangsa FKA Universiti Teknologi MARA Malaysia

27 Januari 2021, 19:06:25

Universitas Narotama (UN) Surabaya menjadi salah satu 16 perguruan tinggi dari berbagai negara yang masuk dalam Kerjasama Strategik Antarbangsa Fakultas Teknik Sipil Universiti Teknologi MARA (FKA, UiTM). Mitra kerjasama strategis Universitas Narotama dengan FKA UiTM, satu-satunya institusi pendidikan Teknik Sipil di Malaysia yang telah mendapatkan akreditasi penuh selama enam tahun (tanpa interim) dari Board of Engineers Malaysia (BEM) untuk Program ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Para Pemimpin Dunia yang Minta Maaf Atas Penanganan Pandemi
27 Januari 2021, 09:00:27

Para Pemimpin Dunia yang Minta Maaf Atas Penanganan Pandemi Jakarta -- Data statistik Universitas Johns Hopkins University jumlah penularan virus corona (Covid-19) total telah mencapai 100.270.602 juta kasus di seluruh dunia per Rabu (27/1). Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, India, .....

Sidang Anak Gugat Orang Tua Rp3 M, Dua Pihak Sepakat Mediasi
27 Januari 2021, 09:00:00

Sidang Anak Gugat Orang Tua Rp3 M, Dua Pihak Sepakat Mediasi Jakarta -- Sidang perkara anak menggugat ayahnya Rp3 miliar terkait perjanjian penggunaan lahan dan bangunan berlanjut ke proses mediasi. Kasus bisa berlanjut secara hukum. Diketahui, Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (26/1), kembali .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....