go green
Universitas Narotama Peduli
LPPM Universitas Narotama Bekerjasama dengan Kemahasiswaan Universitas Narotama menyelenggarakan DONASI untuk merespon semakin merebaknya penyebaran Virus Covid-19

Ka.LPPM Direktur Kemahasiswaan
Dokumentasi :

Recent Issues

Mendikbud Nadiem Tekankan Pentingnya Pendidikan Bersifat Inklusif

Mendikbud Nadiem Tekankan Pentingnya Pendidikan Bersifat Inklusif

23 Februari 2020, 09:00:29

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menegaskan jika pendidikan di Indonesia tidak mesti harus seragam di seluruh wilayah. Dalam pandangannya, dirinya lebih mengutamakan perihal pendidikan yang inklusif.

Nadiem mencontohkan jika tidak harus kurikulum pendidikan di daerah Papua diselaraskan dengan apa yang ada di Jakarta. Menurutnya, itu bukan hal yang baik dalam menciptakan sebuah sistem pendidikan yang berkualitas.

"Yang terpenting itu bukan disetarakan semua, tapi yang lebih penting adalah apakah semua murid dalam unit pendidikan kita belajar atau tidak, tiap hari dia ke sekolah get better atau tidak," kata Nadiem di acara Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020, di The Tribrata, Jalan Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, akibat penyeragaman sistem pendidikan di Indonesia membuat banyak anak dipaksa bisa mencapai sesuatu yang sebenarnya bukan menjadi levelnya. Dalam pandangan Nadiem, hal tersebut tidak relevan dalam perkembangan anak didik tersebut.

"Jadi sekarang itu sifatnya dipaksa pada level umur segini, anak harus bisa ini, kalau udah ketinggalan ya akan ketinggalan terus," ujar Nadiem. Nadiem menjelaskan dengan sistem pendidikan yang inklusif akan mendorong anak didik bisa berkembang sesuai dengan kemampuan mereka. Pendidikan yang inklusif juga bisa meminimalisir persepsi sebagai seorang yang gagal dari para anak didik.
"Jadi kita harus mengubah paradigma menjadi pendidikan yang inklusif. Di sini semua bisa berpartisipasi, semua bisa merasa motivasi, dan tidak merasa seperti loser," tegas Nadiem.

Sumber : Detik.com


print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fasilkom Universitas Narotama Luncurkan BELINDA & JUMINTEN, Solusi Pembelajaran Daring Interaktif Fasilkom Universitas Narotama Luncurkan BELINDA & JUMINTEN, Solusi Pembelajaran Daring Interaktif

07 April 2020, 10:45:59

Pandemi COVID-19 telah mengubah pola pendidikan konvensional yang mendadak harus dilakukan berbasis dalam jaringan (daring = online). Beberapa sekolah mengalami kesulitan mengadopsi cara belajar daring dan melakukan pemantauan yang terekam secara rapi. Banyak siswa mengeluh dan menganggap belajar daring hanyalah tugas daring saja. Menyikapi kondisi tersebut, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Narotama tergerak memberikan solusi dengan BELINDA & JUMINTEN sebagai ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Jokowi Kuak 3 Masalah Pendidikan yang Harus Dibereskan
07 April 2020, 09:00:00

Jokowi Kuak 3 Masalah Pendidikan yang Harus Dibereskan JakartaJakarta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terdapat tiga permasalahan pendidikan yang harus segera diatasi di Indonesia. Ia menyatakan persoalan itu merujuk pada hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) .....