go green
Recent Issues

Calon Kapolri, Wakil Ketua DPR Tak Persoalkan Angkatan Listyo

Calon Kapolri, Wakil Ketua DPR Tak Persoalkan Angkatan Listyo

18 Januari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menganggap latar Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 bukan hal yang harus dipersoalkan untuk menduduki jabatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Angkatan Listyo di kepolisian yang tergolong muda dibanding calon Kapolri lainnya sempat menuai sorotan.

Tapi pasalnya menurut Azis, situasi serupa pernah terjadi saat Jenderal Tito Karnavian yang merupakan lulusan Akpol 1987 menempati kursi Kapolri. Kala itu, Tito menjadi Kapolri dengan melangkahi empat angkatan di atasnya lantaran pemegang tongkat pucuk pimpinan Polri sebelumnya adalah Badrodin Haiti yang merupakan lulusan Akpol 1982.

"Adapun pro dan kontra itu biasa, apalagi yang tadi disampaikan kan mengenai leting [angkatan] dan lain sebagainya, tentu sudah ada preseden waktu itu kan Tito Karnavian letingnya di bawah," kata Azis kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (13/1).

Sepanjang menjabat Kapolri, menurut Azis, Tito bisa mengayomi dan melaksanakan manajemen kontrol di internal serta eksternal secara baik.

Azis pun berharap, Sigit bisa mengikuti jejak Tito dengan memberikan pengayoman serta perlindungan bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu meyakini kapabilitas Listyo selama menjabat sebagai Kabareskrim telah matang dan dianggap cukup di atas rata-rata. Azis pun lantas meminta publik untuk tidak melihat usia Listyo yang kini masih 51 tahun.

"Jangan lihat usia. Ada orang usia itu nggak kapabel," kata dia lagi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengusulkan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Idham Azis. Usulan nama Kapolri ini tertuang dalam Surpres yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke Pimpinan DPR, Rabu (13/1).

"Hari ini surpres telah kami terima dari presiden yg mana presiden menyampaikan usulan pejabat mendatang tunggal yaitu Listyo," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1).

Usulan tersebut artinya membuat Listyo menepikan empat nama calon lain yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yaitu Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dengan STKIP Singkawang Penandatanganan MoU antara Universitas Narotama dengan STKIP Singkawang

26 Februari 2021, 17:55:01

Universitas Narotama (UN) Surabaya dan STKIP Singkawang (Kalimantan Barat) melakukan kerja sama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU) yang dilakukan oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Ketua STKIP Singkawang Dr. Andi Mursidi, M.Si pada hari Senin, 22 Februari 2021 di kampus Universitas Narotama, Surabaya. Penandatanganan MoU ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Opsi Kunjungan Menlu RI ke Myanmar Tetap Terbuka
27 Februari 2021, 09:00:00

Opsi Kunjungan Menlu RI ke Myanmar Tetap Terbuka Jakarta -- Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengatakan tetap membuka opsi melakukan kunjungan ke Myanmar untuk mencari solusi penyelesaian krisis pasca kudeta. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, .....

Vaksin Tahanan KPK, ICJR Singgung Diskriminasi Petugas Lapas
27 Februari 2021, 09:00:00

Vaksin Tahanan KPK, ICJR Singgung Diskriminasi Petugas Lapas Jakarta -- Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Napitupulu mengkritik pemberian vaksin covid-19 kepada 39 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) termasuk mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. Erasmus menilai, .....