go green
Recent Issues

Australia Kirim Tim Medis Bantu Papua Nugini Hadapi Covid

Australia Kirim Tim Medis Bantu Papua Nugini Hadapi Covid

11 April 2021, 09:00:00

Jakarta -- Tim medis kedua Australia dikirim ke Papua Nugini, Jumat (9/4), untuk membantu negara tersebut menghadapi pandemi Covid-19 yang mengancam meluluhlantakkan sistem kesehatannya.

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne mengatakan sebanyak 17 spesialis berangkat ke Port Moresby untuk membantu Papua Nugini (PNG) menahan penyebaran virus.

"Saat kami bekerja menghadapi masalah vaksin global, kami akan melanjutkan bekerja dengan PNG untuk meluncurkan vaksin sebagai tanggapan atas prioritas Pemerintah PNG," kata Payne.

Tim yang baru berangkat ini akan bergabung dengan grup ahli lainnya yang telah berada di lokasi sebelumnya. Australia diketahui terus mengirim pasokan darurat, termasuk alat perlindungan diri, kit pengujian cepat, dan lebih dari 8.000 dosis vaksin ke negara tersebut.

Papua Nugini, negara miskin berpenduduk lebih dari delapan juta di lepas pantai timur laut Australia, melaporkan sekitar 1.000 kasus Covid-19 pada tahun pertama pandemi.

Namun laporan teranyar menunjukkan bulan lalu saja ada lonjakan 5.000 kasus baru.

Pada Rabu (7/4), jumlah tersebut meningkat menuju 8.000 di tengah kekhawatiran pengujian yang kurang dan menyembunyikan skala wabah yang sesungguhnya.

Rumah sakit terpaksa menolak pasien baru karena kekurangan tenaga medis, yang juga terkonfirmasi positif dalam jumlah yang banyak.

Menteri Kesehatan PNG juga menyebut banyak kesalahan informasi di media sosial yang berpeluang mengancam upaya vaksinasi di negara tersebut.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menegaskan kembali komitmen untuk mengamankan vaksin AstraZeneca untuk negara-negara Pasifik, yang berarti bakal ada 10 ribu dosis lagi untuk Papua Nugini.

"Saya telah mengalihkan sejumlah vaksin itu untuk membantu upaya di Papua Nugini dan Timor Leste," kata Morrison kepada media di Canberra.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BEM FKIP Universitas Narotama Berbagi Alat Permainan Edukatif untuk Tiga Panti Asuhan BEM FKIP Universitas Narotama Berbagi Alat Permainan Edukatif untuk Tiga Panti Asuhan

11 Mei 2021, 09:29:51

Pada bulan Ramadhan 1442 Hijriyah ini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan kegiatan yang bernama “Donate & Share”, yakni mengumpulkan donasi berupa uang. Setelah uang terkumpul, kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli APE (alat permainan edukatif) yang akan dibagikan ke beberapa tempat. Progam tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membantu anak-anak agar dapat ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok
11 Mei 2021, 09:00:00

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok Jakarta -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pembayaran tunggakan insentif Desember 2020 terhadap para relawan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet akan dibayarkan paling lambat besok. Sekretaris Badan .....

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS
11 Mei 2021, 09:00:00

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS Jakarta -- Kendaraan kemudi otomatis tidak hanya dimanfaatkan untuk penumpang. Kali ini restoran pizza Dominos meluncurkan layanan pengiriman pizza menggunakan mobil robot kepada pelanggan terpilihnya di Houston, Amerika Serikat. Robot yang .....