go green
Recent Issues

Indonesia Tangkap Puluhan Kapal, Nelayan Malaysia Protes

Indonesia Tangkap Puluhan Kapal, Nelayan Malaysia Protes

29 Juli 2019, 09:00:02

Sejumlah nelayan dan pemilik kapal penangkap ikan Malaysia berunjuk rasa di Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur. Mereka memprotes sikap Indonesia yang kerap menangkap nelayan Negeri Jiran karena dugaan mencuri ikan, padahal mereka mengklaim masih melaut di wilayah perairan negaranya.

Seperti dilansir MalayMail, Rabu (24/7), sejumlah nelayan dan pemilik kapal itu protes karena aparat Indonesia menangkap kapal mereka di perairan Malaysia, atau wilayah yang masih sengketa di Selat Malaka.
Dalam unjuk rasa itu, Asosiasi Industri Perikanan Malaysia dan Dewan Tionghoa Kuala Lumpur dan Selangor (KLSCAH) menyampaikan memorandum yang menyatakan sampai saat ini ada 23 kapal nelayan setempat yang ditahan aparat Indonesia. Sejumlah kapal itu ditahan sejak 2018.
"Seharusnya aparat Indonesia tinggal memberi peringatan supaya kapal kami pergi dari area itu, dan itu sudah cukup. Yang ada mereka melakukan itu tanpa peringatan dan langsung membawa kapal kami ke perairan Indonesia," kata Sekretaris Jenderal KLSCAH, Tan Soon Lim.

Lim menyatakan aparat Indonesia tetap tidak terima meski mereka kerap memperlihatkan data dari alat pelacak bahwa kapal mereka masih berada di perairan Malaysia. Sedangkan ketika mereka melaut di Selat Malaka kerap bermasalah karena batas perairan Negeri Jiran dan Indonesia tumpang tindih.
Menurut Lim, akibat penyitaan itu mereka harus merugi hingga Rp34 miliar karena tidak bisa melaut.
Presiden Asosiasi Pemborong Ikan Hoi Seong Kuala Lumpur, Sing Kian Hock, menyatakan penyitaan kapal-kapal nelayan itu berdampak pada semakin mahalnya harga ikan. Saat ini harga ikan dan hewan laut lain naik sekitar 21 persen, sebab dia harus mengimpor untuk memenuhi permintaan.
"Kami berharap para nelayan diberi kemudahan supaya kami bisa memangkas harga," ujar Sing.





Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance

27 Oktober 2020, 11:40:18

Merencanakan keuangan pribadi dapat menyulitkan tanpa informasi yang tepat dan bantuan dari para ahlinya. Hal itu mendorong mahasiswa Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Lifepal menyelenggarakan acara Webinar dengan topik “Personal Finance”. Lebih dari 97 peserta dari prodi Manajemen dan prodi lain di UNNAR mengikuti acara yang berlangsung secara live via Zoom, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

23 Juta Pekerjaan Akan Tergantikan oleh Robot
31 Oktober 2020, 09:00:01

23 Juta Pekerjaan Akan Tergantikan oleh Robot Jakarta -- McKinsey Indonesia mengatakan sebanyak 23 juta pekerjaan akan tergantikan dengan otomatisasi. Kondisi ini menjadi tantangan bagi Indonesia ke depannya. Otomatisasi adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang secara .....

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi
27 Oktober 2020, 09:00:22

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) meminta industri terlibat dalam penyusunan kurikulum dan pengajarannya, terutama untuk pendidikan vokasi. Hal itu dikatakan terkait survei McKinsey Indonesia yang menyebut 23 juta pekerjaan .....