go green
Recent Issues

Menhan: Tak Masalah KRI Usman Harun Dilarang ke Singapura

 Menhan: Tak Masalah KRI Usman Harun Dilarang ke Singapura

12 Februari 2014, 09:00:05

JAKARTA - Dilarangnya KRI Usman Harun masuk wilayah Singapura segera direspons oleh Indonesia. Menurut Menteri Pertahanan, hal tersebut sama sekali tidak jadi masalah.

"KRI Usman Harun akan beroperasi di wilayah teritorial Indonesia karena digunakan untuk menjaga kedaulatan negara kita," ucap Menhan Purnomo Yusgiantoro, di Kantor Kementerian Pertahanan, di Jakarta, Senin (10/2/2014).

"Jadi mengenai hal tentang pelarangan sama sekali tidak menjadi permasalahan. Dikarenakan kapal ini tidak akan keluar dari wilayah perairan Indonesia," lanjutnya.

Selain masalah itu, kekhawatiran tentang merenggangnya kerja sama militer akibat penamaan KRI Usman Harun turut dikomentari oleh Purnomo. "Kerja sama militer Indonesia dan Singapura sangat kuat dan tidak berpengaruh dengan adanya masalah Kapal Usman Harun," ujar Menhan Purnomo.

Sebelumnya, Pemerintah Singapura sempat menyatakan keprihatinannya tentang pemilihan nama Usman dan Harun. Kedua anggota marinir itu merupakan pelaku pengeboman Macdonald House pada 1965 saat Indonesia tengah terlibat Konfrontasi terhadap Malaysia, -Singapura saat itu merupakan bagian dari Malaysia-.

Namun, keberatan dari Singapura tidak dipusingkan oleh Indonesia. Menkopulhukam Indonesia Djoko Suyanto menegaskan tidak akan mengganti nama Usman Harun bahkan menyatakan, negara lain tidak boleh mengeintervensi soal pemberian nama kapal perang.

Merasa protesnya diacuhkan, Singapura segera mengambil tindakan. Negeri Singa memutuskan KRI Usman Harun tidak boleh masuk perairannya.

Singapura beralasan, melintasnya kapal itu, dapat membuka kembali luka lama dari korban Macdonald house. Serta bertentangan dengan semangat anti-terorisme yang ramai digalakan di dunia. (faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
LSP UNNAR Mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi LSP UNNAR Mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi

17 Januari 2020, 01:18:14

Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Narotama (LSP UNNAR) mengawali kegiatan di tahun 2020 dengan mengadakan pelatihan asesor kompetensi. LSP UNNAR sebagai lembaga setifikasi profesi berlisensi dan kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan pelatihan di Favehotel Mex Surabaya, pada tanggal 13- 17 Januari 2020. Kegiatan ini bertujuan adanya penambahan jumlah asesor kompetensi yang terlisensi nasional selaras dengan visi-misi BNSP ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News