go green
Recent Issues

Belanda Minta Maaf Pembantaian saat Perang Kemerdekaan RI

Belanda Minta Maaf Pembantaian saat Perang Kemerdekaan RI

13 September 2013, 09:08:18

Wahyu Dwi Anggoro - Okezone
Tjeerd de Zwaan bersama Korban Pembantaian Belanda (Foto: AP)

AMSTERDAM – Pemerintah Belanda secara resmi meminta maaf atas aksi pembantaian yang mereka lakukan pasa masa Perang Kemerdekaan Indonesia. Mereka berjanji memberi kompensasi kepada korban yang masih hidup.

“Atas nama Pemerintah Belanda, saya meminta maaf,” ujar Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Tjeerd De Zwaan, dalam sebuah upacara yang dikunjungi para korban pembantaian, seperti dikutip AFP, Kamis (12/9/2013).

“Pemerintah Belanda berharap permintaan maaf ini akan menutup memori buruk korban permbataian selama periode 1945-1949,” lanjut Zwaan.

Permintaan maaf ini merupakan yang pertama kali dikeluarkan Belanda. Sebelumnya, Belanda hanya mau meminta maaf untuk peristiwa pembantaian yang spesifik seperti Pembantaian Rawagede. Sementara permintaan maaf kali ini ditujukan untuk semua pembantaian yang pernah mereka lakukan.

Bulan lalu, Pengadilan Belanda memerintahkan pemerintahnya untuk membayar kompensasi kepada korban pembantaian. Para korban akan mendapat ganti rugi sebesar 20 ribu Euro atau setara dengan Rp301 juta (Rp15.049 per 1 Euro).

Aksi militer Belanda dipercaya menewaskan sekira 40 ribu warga Indonesia. Beberapa pihak pun meminta pemerintah merespons permintaan maaf ini dengan hati-hati.

"Kita sebaiknya tidak terburu-buru menentukan sikap resmi terhadap permintaan maaf Pemerintah Belanda tersebut. Karena kami bisa memahami alasan dari sikap Pemerintah Indonesia dan juga suara dari masyarakat yang menolak permintaan maaf tersebut," jelas anggota Komisi I DPR, Basri Sidehabi.

(ade)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39 Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39

24 Januari 2020, 02:13:10

Yemen`s Team tampil sebagai Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama (UNNAR) Ke-39 setelah unggul atas tim Gacor FC dalam pertandingan final yang berlangsung pada Sabtu, 18 Januari 2020 di lapangan futsal UNNAR. Penyerahan hadiah untuk para juara dilakukan oleh Presiden UNNAR Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP, yang juga dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Alumni & Tracer ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Penyaluran KUR 2019 Capai Rp139,5 Triliun
25 Januari 2020, 09:00:04

Penyaluran KUR 2019 Capai Rp139,5 Triliun Jakarta -- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sepanjang tahun lalu mencapai Rp139,5 triliun atau 99,6 persen dari target yang sebesar Rp140 triliun. "Sebenarnya, kalau tidak kami .....